Hidup dan Perjuangan

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya!”

Satu ungkapan bijak, yang sering kita dengar dan kita dengungkan. Sangat besar memang jasa yang dikorbankan para pahlawan. Pengorbanan harta, waktu, tanaga, bahkan nyawa, yang mereka berikan pun tak ternilai harganya. Namun, tak sejauh itu yang mereka pikir, tiada materi sebagai tujuan utama yang mereka kejar. Hanya satu pilihan yang selalu mereka kejar. “MERDEKA atau MATI!”

Ingin rasanya mengangkat berbagai kisah, pengalaman, atau pengorbanan yang telah mereka berikan untuk bumi pertiwi ini. Bangga kiranya kita dapat menggali, menyusun kembali mozaik-mozaik perjuangan yang mereka berikan dengan ceceran air mata dan darah. Hingga bisa menjadi tetesan penggugah anak bangsa dalam buaian mimpi, dalam balutan kebahagiaan semu yang ditawarkan dunia masa kini.

Terlalu jauh mungkin harapan ini muncul. Sia-sia mungkin keinginan mendorong semua anak bangsa kembali bangkit. Tapi ini hanyalah satu butiran debu yang bisa, setidaknya bagi diri sendiri untuk menghayati dan mengerti arti sebuah “PERJUANGAN.”

“Jalani dan nikmatilah hidup. Semua perlu perjuangan!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s