KTT Asia Afrika Terancam Gempa

Nasional
Minggu, 17 April 2005 | 06:50 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Rencana pelaksanaan konferensi Asia Afrika, tanggal 22-23 April di Jakarta dan 24 april 2005 di Bandung, dibayangi bahaya gempa.

Bencana gempa bumi melanda beberapa daerah di Indonesia, termasuk tiga gempa berurutan mengguncang Jakarta, Lampung, Banten dan Bandung. Informasi yang diperoleh dari Badan Metereologi dan Geofisika (BMG), gempa yang terjadi berkisar 5,5-6 skala richter.

Menanggapi hal itu, Menteri Luar Negeri Nur Hassan Wirajuda mempercayai panitia penyelenggaran mewakili pemerintah sudah bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi dan menjaga agar tamu-tamu delegasi yang hadir tidak merasa khawatir. “Kita berdoa semoga gejala-gejala alam ini tidak mengganggu rencana kita. Tentu kita mengikuti dari dekat apa yang terjadi dalam beberapa hari ini,” katanya.

Selain gempa di Bandung, Gunung Tangkuban Perahu juga sedang batuk. Namun Hassan tak kawatir, sejauh ini persiapan pelaksanaan KAA sudah cukup baik, bahkan presiden sendiri secara umum sudah menyatakan kepuasannya. “Keseluruhan beliau puas dengan persiapan yang ada karena antara sekarang sampai dengan tgl 22, tentunya masih akan dilakukan penyempurnaan dan persiapan lanjutan,” katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Mingggu (16/4) melakukan kunjungan ke Jakarta Convention Center (JCC) tempat penyelenggaraan Konfrensi Asia Afrika di Jakarta tanggal 22-23 April 2005 dalam rangka meninjau persiapan ruangan-ruangan yang akan digunakan untuk acara ini.

SBY didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda, Menteri Dalam Negeri M.Ma’ruf, dan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Widodo A.S. Turut dalam rombongan juga Sekretaris Negara Yusril Ihza Mahendra, Sekretaris Kabinet sudi Silalahi, Kapolri Jenderal Polisi Da’i Bachtiar, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Firman Gani. SBY dengan rombongan datang setelah prosesi gladi bersih, pukul 10 pagi, dan langsung melakukan peninjauan ke ruang-ruang utama tempat dilakukanya persidangan ; Assemby Hall dan Prenary Hall.

Wakil Presiden dan sejumlah menteri Minggu (17/4) berencana melakukan gladi resik di Bandung untuk meninjau persiapan akhir peringatan 50 tahun Konferensi Asia Afrika.

Anton Aprianto, Deni Mukbar dan Thoso P

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2005/04/17/brk,20050417-06,id.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s