Puluhan Rumah di Cawang Kompor Digusur

Jakarta
Kamis, 10 Maret 2005 | 13:28 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Sekitar 150 petugas dari Dinas Ketenteraman dan Ketertiban (Tramtib) membongkar paksa 58 rumah yang dihuni 161 keluarga di kawasan Cawang Kompor, Jakarta Timur, Kamis (10/3).

Kepala Kelurahan Cawang, Ali Murthado, mengatakan, pemerintah telah memberitahu warga tujuh hari sebelum pembongkaran. Waktu seminggu, menurut Ali, sudah cukup bagi warga mencari tempat tinggal baru dan membongkar sendiri bangunannya.

“Kalau dibongkar sendiri tripleks dan pakunya bisa dijual. Tapi sampai kemarin yang terlihat membongkar hanya sebagian kecil warga,” ujar Ali di lokasi kejadian pagi ini.

Ali mengatakan telah memberi uang kompensasi kepada sebagaian besar warga. “Hanya tiga keluarga yang belum,” katanya. Uang kompensasi untuk setiap keluarga sebesar Rp 750 ribu.

Kepala Suku Dinas Tramtib Jakarta Timur, Lukman Syahrul, juga mengatakan telah ada sosialisasi oleh aparat untuk memberi pengertian kepada warga.

Namun, salah seorang warga, Helmina Purba, menyangkal semua keterangan aparat itu. “Saya belum mendapat uang ganti rugi itu.” Menurut Helmina, petugas juga baru memberi akan ada pembongkaran Rabu (9/3). “Saya juga baru tahu kemarin,” katanya dengan nada tinggi.

Dari ke-58 bangunan yang dibongkar, menurut Ali, 35 di antaranya di bangun di atas tanah milik PT Merthy. Sementara dan 23 bangunan lainnya berada di jalur hijau. Menurut Ali, aparat telah meminta PT Merthy mengamankan lahan miliknya agar tidak ada bangunan liar.

Sejauh ini tidak ada jaminan bagi para korban untuk memperoleh tempat tinggal baru. “Karena sudah diberitahu jauh-jauh hari, mereka seharusnya mencari tempat baru,” ujar Ali.

Korban penggusuran lainnya, Samwani, 65 tahun, mengatakan belum tahu akan pindah ke mana. Pria yang sudah 13 tahun tinggal di Cawang Kompor bersama istrinya nekat akan tinggal di trotoar Cawang. “Saya tidak peduli mau kehujanan ataupun kepanasan,” katanya.

nofi triana firman/denny mukbar

Sumber: Tempo Interaktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s