Walikota Jakarta Barat Sahkan Pungutan PKL

Jakarta
Jum’at, 01 April 2005 | 12:35 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Walikota Jakarta Barat Fadjar Panjaitan, mentolerir pungutan terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) di Sentra Pasar Rawa Buaya, Cengkareng. Hal itu dikemukakan Insyaf Santosa, Camat Cengkareng sekaligus sebagai pengelola pasar tersebut. “Tapi jumlahnya tidak boleh dari Rp 4.000 perhari,” katanya, Jumat (1/4). Insyaf menambahkan, kebijakan walikota itu dikeluarkan karena saat ini marak sekali pungutan liar di pasar tersebut. Selama ini, sekitar 1.500 pedagang di lokasi tersebut mengeluh karena terpaksa membayar pungutan liar setiap hari.

Hal yang sama sempat dikeluhkan Ujang Basri, Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) DPD Jakarta Barat, saat bertemu dengan asisten tata praja pemerintah kotamadya Jakarta Barat, Mardani, di kantor Walikota Jakarta Barat. “Sampai saat ini ada pedagang yang dimintai pungutan antara Rp 13.500-20.00 perhari,” kata Ujang. Pungutan-pungutan liar ini biasanya diminta orang-orang yang berbeda. Tiap pelaku pungli ini memaksa pedagang dengan mengaku sebagai penguasa pasar.

Kondisi yang merugikan pedagang ini membuat prihatin walikota. Karenanya, ia meminta agar hal ini segera ditertibkan.

Sementara itu, untuk menindaklanjuti kebijakan walikota ini, Insyaf segera menunjuk lima koordinator pedagang sebagai penarik pungutan dan mengingatkan pedagang agar tidak memberi uang kepada pelaku pungli lainnya. Beberapa hari lalu, Mardanipun menegaskan, pungutan resmi yang direkomendasikan walikota ini hendaknya digunakan untuk tujuan yang jelas, seperti penerangan, kebersihan, dan keamanan. “Jika pungutan yang diminta melebihi standar biasa, ia (penarik pungutan) bisa dikenai sanksi,” kata Mardani.

Deni Mukbar

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/jakarta/2005/04/01/brk,20050401-13,id.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s