Aksi Damai Sambut Hari Buruh Internasional

Jakarta
Minggu, 01 Mei 2005 | 12:11 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Hari Buruh Internasional yang jatuh hari ini (1/5) diperingati ratusan buruh dan organisasi massa se-DKI Jakarta di bundaran HI, Jakarta.

Aksi yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB ini diikuti oleh berbagai elemen, antara lain ASPEK, SMNR, dan berbagai elemen lainnya. Dalam aksinya mereka menyampaikan aspirasi untuk meningkatkan kesejahteraan para buruh. Selain itu mereka meminta pelaksanaan UU Ketenagakerjaan dengan baik.

Sementara gerakan massa yang menamakan diri Aliansi Rakyat Bersatu sekitar pukul 11.20 WIB melanjutkan aksinya ke Istana Negara. Mereka hendak menyampaikan aspirasinya ke pemerintah atau Presiden Yudhoyono mengenai penguatan industri nasional.

Beberapa tuntutan mereka, antara lain menolak sistem kerja kontrak dan mengajukan peningkatan kinerja industri secara nasional.

Di Bekasi, sejak pukul 07.00 WIB, gabungan dari berbagai elemen buruh sudah memenuhi jalan-jalan menuju perbatasan dengan DKI Jakarta. Mereka terkonsetrasi di beberapa titik, seperti di depan kantor Departemen Sosial, depan gedung kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi.

Kesatuan buruh itu terdiri dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) Cabang Bekasi, Gabungan Serikat Buruh Indonesia Cabang Bekasi, Gabungan Buruh Permindo, Unit Kerja Serikat Pekerja PT Hirose Electric Indonesia dan berbagai unit serikat pekerja lain dari wilayah Kabupaten Bekasi.

Sebelumnya, dalam memperingati Hari Buruh itu mereka akan melakukan long march di Kota Bekasi. Tetapi mereka membatalkan aksi. Agenda aksi kemudian dikonsentrasikan ke HI.

Deni Mukbar/Siswanto

Sumber: Tempo Interaktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s