Pemilik Toko di Glodok Keluhkan PKL

Jakarta
Kamis, 28 April 2005 | 01:06 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:
Sejumlah pemilik toko di Pasar Glodok, Jakarta Barat, mengeluhkan keberadaan pedagang kakilima (PKL) di sekitar toko mereka. Mereka menganggap banyaknya PKL tersebut mempengaruhi penurunan omset, karena pembeli enggan datang ke Glodok karena terhalang PKL.

“Pendapatan jadi terus menurun karena di depan selalu macet. Kalau pembeli datang juga malah banyak yang beli di PKL,” kata Riyanto, pedagang elektronik di Harco Glodok. Ia menambahkan PKL seharusnya bisa membedakan barang yang dijual. Jangan sampai menyaingi pedagang di pertokoan.\”Apalagi harga di PKL sengaja lebih murah. Itu namanya membunuh usaha kami,” ujar Riyanto mengeluh.
Aldo, pedagang yang lainnya, mengatakan PKL banyak didatangi pembeli karena harganya lebih murah. “Enak saja PKL itu, mereka hanya bayar retribusi harian. Tapi kami harus sewa kios ini dengan mahal,” katanya.

Andiyanto, padagang kakilima di Glodok, mengatakan selama ini pemerintah sudah menganjurkan para PKL untuk membatasi waktu berdagangnya. “PKL dianjurkan jualan hanya malam hari saja. Tapi kami rugi, karena pembeli jarang yang datang,” ujarnya.

Walikota Jakarta Barat, Fadjar Panjaitan, mengatakan masalah PKL di Glodok menjadi titik perhatiannya karena bisa mengurangi penilaian Program Bangun Praja sehingga menghambat upaya Pemerintah Kotamadya Jakarta Barat untuk mempertahankan Adipura yang diraihnya tahun lalu.
Ia menambahkan, saat ini pihaknya terus berupaya merelokasi pedagang kakilima itu melalui pengarahan-pengarahan agar mereka tidak merasa dipindah paksa. “Rencananya, mereka (PKL) itu akan ditempatkan di Pasar Perniagaan dan Pasar Glodok Jaya,” kata Fadjar.

Deni Mukbar-Tempo

Sumber: Tempo Interaktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s