Mikrolet Mogok, Penumpang Kalut

Jakarta
Selasa, 09 November 2004 | 21:34 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Angkutan umum, mikrolet 06, jurusan Kota-Kapuk melakukan aksi mogok, Senin (17/4). Kondisi ini membuat sejumlah calon penumpang yang akan menggunakan sarana angkutan tersebut terbengkalai di sejumlah titik sepanjang trayeknya. Aksi mogok ini dilakukan semua sopir angkutan tersebut dengan memarkirkan mobil-mobil tersebut di daerah Kapuk dan Kota sendiri.

Aksi ini dilakukan sopir angkutan M-06, sebagai bentuk protes banyaknya angkutan omprengan (mobil pribadi yang menjadi angkutan umum) jurusan Tangerang yang melintas di jalur angkutannya.

Sanusi (56), penduduk Tegal Alur, mengatakan tidak jalannya angkutan ini sangat merepotkan warga yang akan menggunakannya karena mereka harus menggunakan angkutan lain dan menempuh jarak lebih jauh. “Jarak yang ditempuh jadi lebih jauh, selain itu ongkos yang harus dikeluarkan pun jadi lebih mahal.”

Senada dengan Sanusi, Siti Marina, guru SD Pekojan, merasa kerepotan pulang ke rumahnya di Kapuk, sehingga ia harus berputar dulu ke Grogol. “Saya harap besok angkutan itu sudah jalan lagi,” katanya.

Sementara, Yono (27) sopir angkutan M-06, yang ditemui di daerah Kota, mengatakan aksi mogok ini terpaksa mereka lakukan karena banyaknya angkutan omprengan yang masuk ke jalurnya. “Banyak sekali omprengan yang masuk ke daerah ini, biasanya sih mereka cuma di sekitar Jembatan Dua saja”. Ia juga mengatakan, hadirnya omprengan itu secara langsung mengurangi pendapat mereka karena penumpang yang jarak jauh lebih memilih angkutan omprengan. “Tolonglah pada pemerintah untuk menertibkan mereka (angkutan omprengan), kalau misalkan tidak punya trayek tetap kenapa banyak yang jalan,” katanya.

Deni Mukbar-Tempo

Sumber: Tempo Interaktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s