Penyelewengan Dana Beasiswa Juga Di Kalideres

Jakarta
Kamis, 14 April 2005 | 01:54 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Penyelewengan dana block grant untuk beasiswa ternyata tak terjadi di SMP negeri 232 Jakarta Timur, tetapi juga di SD 01-14 Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. Dana senilai Rp 295,39 juta selama satu tahun yang seharusnya untuk beasiswa, ternyata dipotong Rp 4.000 tiap siswa tiap bulan.

Kepala Seksi Pendidikan Dasar, kecamatan Kali Deres, Rasimun mengakui adanya potongan dana beasiswa itu. Namun, menurutnya potongan itu tak melanggar aturan.
“Pernyataan anggota DPRD yang dimuat di beberapa media soal dugaan penyelwengan dana itu sangat menyakitkan kami,”ujar Rasimun.

Rasimun menjelaskan potongan dana beasiswa itu. Sebesar Rp 2.000 untuk kegiatan di Pusat Kegiatan Guru sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru, antara lain ; pelatihan, seminar, work shop dan lain-lain. Rp 2.000 lainnya untuk Kelompok Kerja Kepala Sekolah, dana itu digunakan sebagai biaya operasional Gugus. “Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dana blok grant bukan untuk kepentingan pribadi. Penggunaan dana itu, di samping untuk sarana dan prasarana sekolah, dana itu digunakan untuk penunjang kegiatanan belajar mengajar dan ekstra kulikuler,”kata Rasimun.

Bantuan dana beasiswa itu, menurut Rasimun, berdasarkan petunjuk teknis tahun 2005 dapat disalurkan secara fleksibel sesuai kebutuhan. “Yang mengetahui prioritas kebutuhan adalah kepala sekolah dan komite sekolah masing-masing,”katanya.

Deni Mukbar

Sumber: Tempo Interaktif

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s