PKS: Pemerintah Belum Maksimal Tangani Bencana Nias

Minggu, 10 April 2005 | 16:07 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Anggota DPR dari Partai Keadilan Sejahtera, Yoyoh Yusroh, menilai, pemerintah ini belum memperlihatkan kinerja maksimal dalam menangani bencana di Nias, Sumatera Utara. Alasannya, masih banyak korban yang belum mendapatkan bantuan.

Menurut Yoyoh, bencana di Nangroe Aceh Darussalam yang menewaskan 200 ribuan orang seharusnya bisa dijadikan pelajaran bagi pemerintah untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. “Gempa di Nias bukan bencana alam daerah tapi sudah bisa disebut bencana alam nasional karena jumlah korbannya mencapai ratusan orang,” katanya
dalam tabligh akbar muslimah Peduli Aceh yang diselenggarakan PKS Jakarta Barat, Minggu (10/4).

Ferry Noor, Sekjen Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina, mengungkapkan penilaian yang sama. Ia mengatakan, penanganan bencana alam di NAD dan Nias terlalu birokratis sehingga memberi kesan pemerintah sangat lamban. “Pemerintah seharusnya bersikap cepat dan bisa belajar dari negara-negara lain,” tuturnya.

Selain itu, Ferry menegaskan agar pemerintah jangan terlalu mengutamakan sikap birokratis dalam penangan bencana alam. Pemerintah seharusnya mengupayakan jalur hubungan dengan masyarakat yang tertimpa bencana secara tepat dan tidak bertingkat-tingkat.

Deni Mukbar

Sumber: Tempo Interaktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s