Rencana Relokasi PKL ditentang Pemerintah Jakarta Barat

Jakarta Barat
Selasa, 29 Maret 2005 | 21:28 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pengurus Asosiasi Pedagang Kakilima Indonesia (APKLI) DPD Jakarta Barat mendatangi Kantor Walikota Jakarta Barat, Selasa (29/3). Kedatangan pengurus yang dipimpin oleh Ujang Basri, Ketua APKLI DPD Jakarta Barat, ini rencananya akan berterima kasih kepada Walikota Jakarta Barat, Fadjar Panjaitan, atas kebijakannya merelokasi pedagang kakilima di wilayah Cengkareng ke Taman Surya, di Kel. Pegadungan, Kalideres sekaligus meminta Walikota untuk meresmikan penggunaan lokasi tersebut 8 Juni 2005.

Namun, rencana APKLI itu tidak mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Jakarta Barat. “Sebaiknya rencana pedagang untuk meresmikan tempat itu diurungkan saja, karena lokasi itu akan dibongkar Juni nanti, dan nantinya pedagang akan direlokasi di Pasar Citra,” jawab, Mardani, Asisten Tata Praja Jakarta Barat.

Keputusan Pemerintah Kotamadya ini diambil karena lokasi di Taman Surya ini dipersiapkan untuk Sarana pendidikan. Keputusan ini jelas saja membuat pengurus APKLI bingung. Pasalnya, kepindahan mereka ke Taman Surya ini atas rekomendasi Pemerinta Kotamasya Jakarta Barat. “Saya tidak habis pikir kenapa pemerintah bersikap seperti ini? Dulu pedagang tidak mau dipindahkan ke sana (Taman Surya), tapi karena pemerintah yang memaksa ya kami pindah. Kenapa sekarang malah mau dibongkar lagi?,” ujar Ujang Basri.

Pemerintah sebenarnya sudah sejak setahun lalu merencanakan relokasi dari Taman Surya itu. Rencana itu dilakukan secara internal bersama PD. Pasar Jaya untuk mencari kepastian tempat yang akan ditempati oleh pedagang. “Kami sudah merencanakan relokasi ini sudah sudah lama, malah sudah ada Surat Perintah Bongkar (SPB). Tapi memang kebijaksanaan Walikota, pedagang itu tidak langsung dibongkar sebelum ada tempat baru sebagai solusinya,” tambah Mardani lagi.

“Pada dasarnya kami akan menerima kebijaksanaan pemerintah untuk merelokasi PKL kembali, asal itu memang kebijakan yang paling baik untuk pedagang dan pemerintah sudah menyiapkan solusi penempatan pedagang di tempat yang lebih baik,” ungkap Ujang ketika ditemui Tempo setelah pertemuan itu.

Deni Mukbar
Sumber: Tempo Interaktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s