Daerah Siap Amankan Pilgub

Kamis, 27 Maret 2008
Menuju Jabar Satu

INDRAMAYU, (PR).-
Sehari menjelang pelaksaan kampanye Pilgub Jabar 2008, sejumlah daerah menggelar apel siaga pengamanan dan ikrar bersama. Tim kampanye tiga pasangan calon gubernur/calon wakil gubernur Jawa Barat di Indramayu, menggelar ikrar bersama, Rabu (26/3). Ikrar bersama disampaikan tiga tim sukses di hadapan Bupati Indramayu H. Irianto M.S. Syafiuddin, Kapolres AKBP Drs Syamsudin Djanieb dan Dandim 0616 Letkol Inf. Bangkit, S.P.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua KPU Kabupaten Indramayu H. Kurdi Sutisna dan Ketua Panwaspilgub Kab. Indramayu Kholid Saefudin, S.E..

Dari kubu Danny Setiawan-Iwan Sulandjana (Da`i), penyampaian ikrar bersama dibacakan Ketua Tim Kampanye Da’i Kab. Indramayu H. Dedy Rachmatullah. Diikuti kemudian oleh Ketua Kampanye Agum Gumelar-Nu`man Abdul Hakim (Aman), H Sumaryanto, sedangkan untuk kubu Ahmad Heryawan-Dede Yusuf, ikrar bersama disampaikan Ketua Kampanye Hade Kab. Indramayu Ir.Rusno Ombak Rahardjo.

Dalam pernyataannya, ketiga tim kampanye berikrar akan menaati segala ketentuan hukum dan undang-undang yang berlaku dalam pelaksanaan pilgub mendatang. Mereka juga berjanji akan menjaga ketenteraman dan ketertiban selama berlangsung pilgub serta siap menerima kekalahan. Artinya, apabila kalah tidak akan memprovokasi masa pendukung untuk melakukan tindakan anarkis yang mengganggu suasana kondusif daerah.

Sebelum pengucapan ikrar, Bupati H. Irianto mengatakan, Pilgub Jabar yang akan digelar 13 April mendatang hendaknya dijadikan wahana demokrasi yang sehat

“Manfaatkan momentum pilgub ini sebagai kerangka demokrasi dan penentu nasib masyarakat Jabar selama lima tahun ke depan,” katanya.

Ancaman keamanan

Dari Subang dilaporkan, Kapolres Subang AKBP Drs. Sugiyono, S.H.H. mengingatkan semua pihak agar tetap waspada terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat berintensitas tinggi, seperti peledakan bom dan teroris.

“Gangguan itu merupakan ancaman yang perlu diwaspadai, termasuk unjuk rasa dan tawuran yang diperkirakan mewarnai Kamtibmas Subang menjelang pelgub,” kata kapolres seusai memimpin gelar pasukan Operasi Praja Lodaya 2008 dalam rangka Pilgub Jabar, sekaligus simulasi penanganan aksi unjuk rasa dan pengrusakan TPS, Rabu (26/3).

Khusus menjelang Pilgub Jabar, Polres Subang menyiapkan 425 personel Polri ditambah unit satgas liannya sebanyak 150 personel dari TNI, Linmas, Satpol PP, Dinas Perhubugan, dan Dinas Kesehatan.

Sementara itu, Kapolresta Tasikmalaya AKBP Suntana mengatakan, semua petugas kepolisian yang bertugas mengamankan kampanye Pilgub Jabar agar menghindari perbuatan arogan. Selain itu, harus benar-benar menunjukkan sikap netral dengan melayani semaksimal mungkin terhadap semua pasangan yang melakukan kampanye.

“Saya tidak ingin akibat perbuatan polisi, terjadi keributan selama kampanye pilgub di daerah Tasikmalaya. Karena Tasikmalaya akan menjadi barometer di daerah Priangan Timur,” kata Kapolresta Suntana, Rabu kemarin.

Kapolres juga menekankan agar jajarannya harus bersikap profesional, ramah, santun, dan sabar dalam menghadapi situasi apa pun. Jika polisi mudah terprovokasi, akan menciptakan situasi yang tidak baik.

“Kita semua harus bertekad untuk mengamankan semua tahapan pilgub, termasuk kampanye yang akan berlangsung. Kita siap untuk mengantar simpatisan dari Tasikmalaya, ketika akan kampanye di Garut atau Ciamis. Tujuannya, agar sampai ke lokasi yang dituju berlangsung dengan tertib,” katanya. (A-96, B.76/ A-97)***

Pikiran-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s