“Doping” Vitamin, Tidur di Mobil, Hingga Madu Arab

Menuju Jabar Satu
Kamis, 03 April 2008

MASA kampanye tentunya menjadi masa yang paling melelahkan bagi semua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar. Selama dua minggu, secara maraton, mereka berkeliling ke pelosok kab./kota di Jawa Barat untuk menawarkan programnya sekaligus menarik dukungan masyarakat Jabar.

Padatnya agenda kampanye tentunya menguras energi dan pikiran mereka. Jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup dan di-doping vitamin, boleh jadi hal itu akan berpengaruh buruk pada kesehatan mereka.

Kondisi tersebut diakui Danny Setiawan, calon Gubernur Jabar yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat. Meski sudah terbiasa dengan kesibukan dan rutinitas pekerjaan yang tinggi selama menjabat Gubernur Jabar, kegiatan kampanye cukup menguras tenaga dan pikirannya. Untuk itu, Danny mencoba mengimbanginya dengan jam tidur yang cukup dan menjaga agar tidak makan sembarangan.

Danny sendiri mengaku selama kampanye tidak melibatkan tim dokter khusus. Ia hanya didampingi salah seorang dokter dari tim sukses. “Ah, nggak ada yang khusus. Hanya dari tim, putranya Pak Agus Muhidin,” tukasnya.

Sementara itu, Iwan Ridwan Sulandjana, calon pendamping Danny menyebutkan, untuk menjaga kesehatannya, dia minum suplemen dan tidur lebih awal. “Karena tidak sempat olah raga, paling hanya minum suplemen dan latihan bioenergi (pernapasan). Cuma itu.” akunya

Lain halnya dengan calon gubernur Ahmad Heryawan. Untuk menambah tenaga, ia mengonsumsi madu menjadi pilihannya. Biasanya, madu tersebut dicampur dengan minyak jinten hitam atau minyak jaitun dan dikonsumsi sedikitnya dua sendok setiap hari. “Usahakan saya pakai madu dari Mekah atau Australia, bukannya tidak percaya pada produk Indonesia tapi memang suka banyak yang palsu,” katanya.

Soal jam istirahat yang jauh berkurang saat kampanye, Ahmad menyatakan, dari dulu juga sering begadang dan melakukan kegiatan fisik. “Yang penting bukan kuantitas, tapi kualitas istirahat yang optimal.” tuturnya.

Berbeda dengan Ahmad, cawagub Dede Yusuf mengaku tidak mengonsumsi suplemen atau multivitamin penambah tenaga. “Yang penting, kalau dalam perjalanan di mobil, saya usahakan tidur,” katanya.

Namun, padatnya jadwal dan jauhnya jarak masing-masing lokasi kampanye tak pelak membuat dia kelelahan juga. Raut muka yang pucat dan lingkar mata yang bergelayut menjadi pertanda kekuatan fisiknya mulai menurun. “Makanya, kalau memang tidak diperlukan, lebih baik cepat pulang untuk ngaso sejenak,” katanya.

Bagaimana dengan cagub Agum Gumelar? Melalui penuturan istrinya, Ny. Linda Agum Gumelar, Agum mengatakan bahwa stamina memang menjadi syarat untuk bisa berkampanye hingga ke pelosok kab./kota se-Jabar.

“Apalagi kita tidak boleh absen selama 12 hari berturut-turut. Makanya, tubuh harus selalu fit,” katanya, Rabu (2/4).

Ny. Agum mengungkapkan tugas berkampanye dalam Pilgub Jabar 2008 ini cukup menguras energi fisik dan juga pikiran. Akan tetapi, yang lebih besar terkuras memang energi fisik.

“Sebab, kita harus selalu berada di dua sampai tiga kabupaten dalam satu hari. Mana jaraknya jauh-jauh pula. Lelah? Ya pasti lelah dong,” ujar perempuan yang selalu setia mendampingi sang suami berkampanye keliling Jabar. “Namun, rasa lelah itu akan segera hilang begitu sampai di lapangan dan melihat jumlah massa yang banyak dan bersemangat,” kata Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) itu menambahkan.

Hal senada juga selalu diungkapkan Agum di atas panggung. Wajahnya yang terlihat lelah, begitu sampai di atas panggung pasti akan berubah sumringah. “Wah, saya memang cape harus keliling kab./kota setiap hari. Tapi, kalau melihat massa Agum/Nu’man yang semangat seperti ini, cape saya hilang. Yang ada, semangat saya bertambah,” ujarnya ketika berkampanye di Kab. Majalengka kemarin.

Ny. Agum mengatakan, tidak ada hal yang aneh yang mereka kerjakan untuk menjaga vitalitas. Yang pasti, ia dan suaminya senantiasa menjaga asupan gizi mereka, minum vitamin dan minum air putih yang banyak. (Eri Mulyani/Feby Syarifah/Ririn N.F./”PR”)***

pikiran-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s