Hade Permudah Regulasi Investasi

Senin, 31 Maret 2008
CIAMIS, (PR).-
Sedikitnya satu juta lapangan kerja siap dibuka untuk meningkatkan daya beli masyarakat Jawa Barat. Hal itu akan didapat jika regulasi terkait investasi menjadi mudah dan pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) ditingkatkan.

Demikian diungkapkan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan-Dede Yusuf (Hade) dalam kampanye hari ketiga yang digelar di Lapangan Lokasana, Desa Ciamis, Kec. Ciamis, Kab. Ciamis, Minggu (30/3). “Siapa yang ingin dapat pekerjaan? Pilih Hade. Lapangan kerja akan terbuka kalau para investor mau menanamkan modal di Jabar dan pemberdayaan UKM ditingkatkan sebagai penggerakan ekonomi kerakyatan,” katanya.

Menurut dia, program terbukanya lapangan kerja bukan sekadar wacana. Regulasi birokrasi yang selama ini berbelit-belit sering menjadi alasan investor enggan menanamkan modal di Jabar, dan hal tersebut harus dapat dibenahi secepatnya.

Apalagi, meningkatnya jumlah pengangguran berbanding lurus dengan penambahan angka kemiskinan di Jabar. Saat ini, angka pengangguran terbuka mencapai 1,5 juta orang, sedangkan warga yang masuk daftar penduduk miskin mencapai 10,4 juta jiwa.

Kampanye pada hari terakhir putaran pertama Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar pasangan Hade terlambat dimulai. Sesuai dengan jadwal, acara seharusnya digelar mulai pukul 13.00 WIB, sementara Ahmad Heryawan baru tiba pukul 14.15 WIB dan Dede datang 30 menit setelahnya.

Kegiatan menyapa masyarakat yang dilakukan keduanya secara terpisah hanya mengalami perubahan jadwal. Ahmad yang seharusnya langsung meluncur ke Cikoneng dan Ciamis, sempat tertahan di Pasar Cileunyi dan Alun-alun Kab. Garut untuk bertemu tokoh masyarakat setempat. Sementara Dede sempat menggelar orasi singkat di depan Toserba Ciamis sebelum meluncur ke lokasi kampanye.

Diarak becak

Dede yang ngetop sebagai artis ibu kota, tiba di Lapangan Lokasana menumpang becak dengan arak-arakan puluhan becak di belakangnya. Di lokasi, Dede disambut meriah oleh persembahan tarian lengser yang dilakukan 12 penari dari Sanggar Tari Rengganis.

Hujan yang turun dari pukul 10.00 WIB menyebabkan Lapangan Lokasana yang biasa digunakan untuk sepak bola menjadi becek. Untuk mengantisipasinya, sekitar seratus pengendara ojek memarkirkan kendaraannya di tengah area kampanye agar lahan becek tersebut tidak digunakan masyarakat.

Kegiatan kampanye pasangan Hade sempat terganggu putusnya aliran listrik selama 15 menit. Padamnya aliran listrik tersebut berlangsung ketika Ahmad sedang memanggil sejumlah simpatisan dari berbagai profesi ke atas panggung.

Putusnya aliran listrik tersebut tak pelak menimbulkan berbagai pertanyaan, diantaranya terkait upaya sabotase. Namun, dengan cepat Ahmad menampik dugaan tersebut.

Dalam situasi tersebut, Dede langsung mengambil peran dengan memberikan kuis kepada simpatisannya yang memenuhi lokasi kampanye. Masyarakat yang membawa anak kunci paling banyak, menggunakan kaus kaki bolong, dan ibu-ibu yang memiliki gigi ompong paling banyak berhak mendapat hadiah uang senilai Rp 50.000,00.

Seorang warga yang menerima dana dari Dede, Ipat (37) mengaku tak menyangka dirinya mendapat hadiah dari idolanya secara langsung karena memiliki gigi ompong. “Enggak mimpi apa-apa, tiba-tiba dapat rezeki,” kata warga Kec. Cijeungjung, Kab. Ciamis tersebut.

Selain itu, ditemukan pergerakan massa Parta Demokrat di sejumlah lokasi di Kab. Ciamis. Padahal, Minggu (30/3) bukan jadwal kampanye Danny Setiawan-Iwan R. Sulandjana (Da’i) yang diusung PD dan Partai Golkar untuk kampanye. “Namun, sampai saat ini, hal itu masih ditoleransi dengan alasan mereka membawa atribut partai dan bukan atribut pasangan calon, sehingga dianggap sebagai kegiatan persiapan menjelang kampanye Senin (31/3),” ucap Ketua Panwas Kab. Ciamis Dr. Suherli. (A-101/A-158/A-178)***

pikiran-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s