Menakar Kekuatan Mesin Politik

Kamis, 27 Maret 2008
Menuju Jabar Satu

PERHELATAN besar pesta demokrasi berjudul Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat mulai bergulir Kamis (27/3). Layaknya sebuah pesta, banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk memperkenalkan masing-masing kandidat sebagai bintang utama.

Ketika tiba saatnya bagi masyarakat untuk memilih, di manakah para kandidat itu akan berjaya meraup suara paling banyak? Menilik hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2004, perolehan Partai Golkar 27,9% dan Partai Demokrat 7,77%, atau mencapai 35,67% untuk mendukung pasangan Cagub-Cawagub Danny Setiawan-Iwan Sulandjana (Da’i). Pero-lehan koalisi PDIP-PPP-PKB-PBB-PBR-PDS yang meng-usung pasangan Agum Gumelar-Nu’man Abdul Hakim (Aman) mencapai 41,68%. Sedangkan PKS-PAN yang mengusung pa-sangan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf mencapai 16,7%.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Jabar H. Ali Hasan yakin pasangan Da’i akan memenangi Pilgub Jabar yang digelar 13 April mendatang. “Dari hasil survei yang dilakukan dua lembaga penelitian, salah satunya Puskaptis (Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis), suara Da’i mencapai 45%. Karena itu, kita yakin akan menang,” ujar Ali, Rabu (26/3).

Bahkan, katanya, jika melihat peta kekuatan yang dimiliki Partai Golkar dan Partai Demokrat di masyarakat, mereka menargetkan suara Da’i bisa mencapai 45% dan menang. Apalagi, kekuatan mereka di semua daerah, khususnya Partai Golkar merata.

Sementara itu, tim kampanye pasangan Agum Gumelar-Nu`man Abdul Hakim (Aman) akan memaksimalkan kampanye di basis suara koalisi tujuh partai yang mengusungnya. Wilayah pantura sebagai basis PDIP dan Priangan Timur yang dikuasai PPP akan menjadi tumpuan bagi pasangan ini. Sementara lima partai lainnya, yaitu PKB, PBB, PKPB, PBR, dan PDS akan mendukung upaya mendulang suara bagi Aman di seluruh wilayah Jabar.

Ketua DPD PDIP Jabar, Rudy Harsa Tanaya menga-takan, berdasarkan hasil perolehan Pemilu 2004, dengan memaksimalkan basis du-kungan partai saja, pasangan Aman diproyeksikan meraih suara sebesar 41,68 %. “Dengan melihat hasil raihan tujuh partai pada Pemilu 2004, Aman akan bisa meraih suara 41,68 %. Hal ini karena kita memiliki figur yang populer dan dikenal baik oleh masyarakat, yaitu Agum Gumelar,” kata Rudy.

Penanggung Jawab Kampanye pasangan calon gubernur Ahmad Heryawan – Dede Yusuf (Hade), Abdul Hadi mengatakan, basis suara terbesar Hade terletak di beberapa titik seperti Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kab. Sukabumi, dan daerah Bandung raya yang meliputi Kota dan Kab. Bandung, KBB, dan Kota Cimahi.

Di daerah-daerah tersebut, Hade yakin akan mampu mengumpulkan perolehan suara melampaui target mereka sebesar 42%.

Menurut Abdul Hadi, peta kekuatan tersebut diperoleh berdasarkan hasil pemilu sebelumnya dan hasil survei beberapa lembaga independen di tubuh PKS.

Mesin politik boleh bicara data, tapi keputusan untuk memilih tergantung hati nurani pemilih. Siapa yang jadi jawara pada penyelenggaraan Pilgub Jabar 13 April 2008 mendatang, tergantung bagaimana para kandidat meraih simpati dan empati masyarakat Jabar. (Eri Mulyani/Ririn Nur Febriani/PR/Handri Handriansyah/Lucky Zulkarnaen)***


pikiran-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s