Sumbangan Kampanye Rp 22 Miliar

Jum’at, 28 Maret 2008

BANDUNG, (PR).-
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar telah menerima laporan sumbangan dana kampanye dari ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar sebesar Rp 22 miliar.

Menurut anggota KPU Jabar Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Kamis (27/3), pelaporan sumbangan dana kampanye itu diamanatkan dalam UU No. 32/2004 dan PP No. 6/ 2005.

Sumbangan dana kampanye untuk pasangan Agum Gumelar-Nu’man Abdul Hakim adalah yang paling besar, yakni Rp 13,2 miliar. Pasangan Danny Setiawan-Iwan Ridwan Sulandjana (Da’i) mendapatkan Rp 8,2 miliar , dan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf (Hade) sebesar Rp 804,9 juta. Sumbangan tersebut berasal dari sumbangan pribadi pasangan calon, parpol pengusung, serta sumbangan pihak lain yang tak mengikat.

Laporan sumbangan dana kampanye Da’i dikeluarkan akuntan publik Djoemarma, Wahyudin, dan Rekan per tanggal 25 Maret 2008. Dana sumbangan kampanye Da’i mencapai Rp 8,2 miliar dan tersimpan dalam rekening koran Bank Jabar dan Banten.

Secara pribadi, Danny menyumbang Rp 1,2 miliar untuk kampanyenya, sedangkan Iwan R. Sulandjana tak menyumbangkan rupiahnya. Jumlah sumbangan parpol pengusung Da’i adalah Rp 5,529 miliar yang berasal dari DPP Golkar (Rp 5 miliar) dan DPD Partai Demokrat Jabar (Rp 529 juta).

Besaran sumbangan dari pihak lain, baik perusahaan maupun perseorangan, yang tidak mengikat untuk pasangan Da’i sebesar Rp 1,5 miliar. Perusahaan yang memberikan sumbangan kepada Da’i adalah CV Nukami, CV Kita-kita, PT Mitra Bangun Prima, PT Betrix Indonesia, serta PT Safilindo Permata. Besarannya bervariasi dan berada dalam rentang Rp 150 juta-Rp 275 juta.

Kendati tidak melaporkan secara terperinci, dalam laporan yang ditandatangani Wakil Bendahara Tim Kampanye Agum-Nu’man, Y. Wachyu Ramli, besaran jumlah sumbangan Agum-Nu’man justru paling besar Rp 13,2 miliar.

Sementara sumbangan dana kampanye untuk Hade, seperti dilaporkan Kantor Akuntan Publik Drs. Moch. Zainuddin per tanggal 26 Maret 2008, tercatat sebesar Rp 804,9 juta. Dana itu tercatat dalam rekening di Bank Mandiri atas nama bendahara tim kampanye Hade, Bob Soelaiman Effendi.

Saldo awal tercatat Rp 5 juta. Namun, ditambah sumbangan Dede Rp 300 juta dan Ahmad Heryawan Rp 500 juta. Dalam laporan itu tercantum, tim kampanye Hade tak menerima sumbangan dari pihak lain, termasuk parpol pengusung, perseorangan, serta sumber dana lainnya. (A-124)***

pikiran-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s