Da`i & Hade Sedot Rp 15,5 Miliar: Pengeluaran Dana Selama Dua Pekan Masa Kampanye

Selasa, 15 April 2008
Menuju Jabar Satu

BANDUNG, (PR).-
Tak kurang dari Rp 15,5 miliar telah dikeluarkan oleh tim kampanye pasangan Danny Setiawan-Iwan Ridwan Sulandjana (Da`i) dan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf (Hade) selama dua pekan masa kampanye. Sayangnya, hingga Senin (14/4) malam belum ada laporan resmi tentang penggunaan dana kampanye dari pasangan Agum Gumelar-Nu`man Abdul Hakim (Aman)

Data sumbangan dana kampanye dari dua tim kampanye telah diterima oleh KPU Jabar dalam dua hari terakhir ini. Laporan tersebut sebagai hasil audit dari kantor akuntan publik yang ditunjuk oleh masing-masing pasangan calon. Selain laporan pengeluaran dana kampanye selama masa kampanye, laporan itu juga mencakup penambahan sumbangan dana kampanye selama dua pekan saat kampanye berlangsung.

“Berdasarkan aturan perundang-undangan, laporan sumbangan dana kampanye dilakukan selama tiga kali. Ini adalah laporan kedua yang dilakukan tiap pasangan calon, kecuali dari pasangan Aman yang baru sekali,” kata Kepala Bagian Hukum dan Humas KPU Jabar, Heri Suherman, saat ditemui di ruang kerjanya di Gedung KPU Jabar Jln. Garut 11 Kota Bandung, Senin malam.

Heri menjelaskan bahwa pelaporan sumbangan dana kampanye yang pertama dilakukan sehari sebelum masa kampanye dimulai. Laporan kedua dilakukan sehari setelah masa kampanye selesai dan ketiga dilakukan tiga hari setelah hari pencoblosan.

Untuk pelaporan pertama dan kedua berupa sumbangan dana kampanye yang masuk, sementara laporan ketiga adalah tentang penggunaan sumbangan dana kampanye. Namun demikian, pada laporan kedua dari tim Da`i dan Hade ternyata telah dilengkapi pengeluaran sumbangan dana selama masa kampanye.

Besaran sumbangan

Dalam data itu, laporan sumbangan dana kampanye untuk pasangan Da`i dilakukan kantor akuntan publik Achmad, Rasyid, Hisbullah & Jerry per tanggal 10 April 2008. Dana sumbangan kampanye Da`i mencapai Rp 16,391 miliar selama rentang waktu 26 Maret 2008-9 April 2008. Dana sumbangan itu berupa uang tunai (Rp 13,886 miliar) dan barang (Rp 2,503 miliar).

Penerimaan sumbangan dana kampanye untuk pasangan ini berasal dari perseorangan (Rp 1,677 miliar), badan hukum (Rp 7,950 miliar), parpol (5,529 miliar), serta cagub dan cawagub (Rp 1,233 miliar). Terdapat 42 badan usaha yang telah menyumbangkan dana kampanye untuk Da`i dengan besaran mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 350 juta. Sebanyak 40 orang juga secara pribadi telah menyumbangkan uangnya kepada Da`i dengan kisaran Rp 20 juta-Rp 50 juta.

Dalam laporan pengeluaran, Da`i telah mengeluarkan uang Rp 12,650 miliar, hanya dalam rentang dua pekan. Penggunaan uang paling besar adalah dana operasional kampanye oleh 26 DPD Partai Golkar se-Jabar Rp 4,838 miliar. Biaya pengeluaran terbesar lainnya berupa pengadaan logistik kampanye yang mencapai Rp 2,8 miliar.

Untuk pasangan Hade, laporan sumbangan dana kampanye dilakukan oleh kantor akuntan publik Drs. Moch. Zainuddin (Moza) per tanggal 10 April 2008. Total penerimaan sumbangan dana kampanye untuk Hade hingga 10 April 2008 Rp 3,229 miliar. Saldo awal sebelum masa kampanye dimulai Rp 804 juta, berasal dari kedua pasangan calon. Jumlah itu kemudian bertambah Rp 2,425 miliar selama rentang dua pekan masa kampanye.

Pengeluaran Hade selama masa kampanye mencapai Rp 2,9 miliar. Berupa penggunaan uang tunai (Rp 1,275 miliar) dan nonkas/barang (Rp 1,625 miliar). Laporan keuangan yang dilakukan tim Hade memang tak serinci pasangan Da`i.

“Kita masih menunggu laporan sumbangan dana kampanye dari tim kampanye pasangan Aman. Kita akan kembali mengeluarkan teguran kepada pasangan Aman jika mereka tak kunjung menyerahkan laporan tersebut,” kata Heri Suherman. Pada laporan pertama, KPU Jabar terpaksa mengeluarkan teguran kepada pasangan Aman karena terlambat menyerahkan laporan dari akuntan publik. (A-124)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s