Pegang Komitmen

Senin, 14 April 2008
Utama

BANDUNG, (PR).-
Seperti dikemukakan sejak awal, cagub Danny Setiawan dan cawagub Iwan Ridwan Sulandjana (Da’i) menyatakan tetap memegang komitmen untuk siap menang dan siap kalah. Begitu juga terhadap apa pun hasil Pilgub Jabar yang baru saja dilaksanakan.

“Saya sangat menghargai hasil quick count yang dilakukan lembaga-lembaga survei. Tetapi, saya juga harus menghargai lembaga negara yang resmi, yakni KPU. Oleh karena itu, saat ini kita masih harus menunggu perkembangan penghitungan suara yang dilakukan KPU. Apa pun hasil KPU, tentunya kita masih dalam komitmen awal, yakni siap menang dan siap kalah,” ujar Danny di sela-sela mengikuti perkembangan penghitungan suara Pilgub Jabar, di kediamannya, di Jln. Anggrek No. 14, Bandung, Minggu (13/4).

Meski begitu, menurut Danny, dia menyampaikan penghargaan dan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Jabar, yang telah berperan aktif dalam Pilgub Jabar. Ia berharap, semua pihak, terutama para cagub/cawagub, tim sukses, dan para pendukung, agar tetap tenang. Mereka diminta tidak melakukan langkah-langkah yang kontraproduktif, guna menjaga kondusivitas Jabar, atas apa pun hasil yang akan diperoleh.

Harapan serupa disampaikan Iwan R. Sulandjana. Masyarakat Jabar diharapkan tetap bisa menjaga kondusivitas Jabar. Meski diakui, dengan adanya hasil quick count yang sudah menyatakan salah satu pasangan calon menang, hal itu bisa menyebabkan keresahan di masyarakat. Bahkan, yang harus diantisipasi, ketika sudah terbentuk opini publik bahwa salah satu pasangan calon disebutkan sebagai pemenangnya, tetapi ternyata hasil akhir yang ditetapkan KPU berbeda. Hal itu bisa menimbulkan persoalan baru.

“Jadi, sebaiknya kita menunggu hasil real count yang dilakukan KPU karena hasil quick count itu kan didapat dari sampel kira-kira 400-an TPS. Padahal, jumlah TPS di Jabar itu, kan, mencapai 63.005. Jadi, selama belum ada real count, kita tunggu hasil saja,” ujarnya.

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Uu Rukmana menyatakan, apa pun hasil dari penghitungan suara Pilgub Jabar, harus dihormati, karena itu merupakan bentuk kedaulatan rakyat. “Hasil suara yang muncul adalah aspirasi warga Jabar. Jadi, harus kita hormati,” katanya.

Namun, Uu mengingatkan agar semua pihak tetap menahan diri karena proses penghitungan suara belum selesai. “Semunya akan diketahui setelah KPU Jabar menggelar rapat pleno dan mengumumkan secara resmi pemenang Pilgub Jabar 2008.”

Dia juga menyatakan, kubu pasangan Danny Setiawan-Iwan R. Sulandjana tetap optimistis mampu meraih tambahan suara, karena proses penghitungan masih berjalan hingga 22 April mendatang. “Kita optimistis karena masih banyak suara yang belum direkapitulasi,” katanya.

Menurut dia, tambahan suara sangat memungkinkan diraih, karena mesin partai pendukung Da’i sudah bekerja maksimal. “Itu yang penting. Kami sudah bekerja keras dan berupaya optimal. Namun, hasilnya, rakyatlah yang menentukan,” kata Uu. (A-136)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s