Tak Akan Jauh Beda

Utama
Senin, 14 April 2008

BANDUNG, (PR).-
Melihat hasil sejumlah penghitungan cepat (quick count) terhadap raihan suara di Pilgub Jawa Barat, pasangan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf (Hade) optimistis kemenangan sudah di depan mata. Apalagi, berdasarkan hasil survei dua hari terakhir, pasangan ini diprediksi meraih 40% dari keseluruhan suara 27.972.924 pemilih.

“Awalnya saya tidak percaya atas data yang disodorkan. Tetapi, melihat hasil sementara perolehan suara, berdasarkan pengalaman sebelumnya, hasil penghitungan cepat akan tidak jauh berbeda dengan penghitungan secara manual. Alhamdulillah, kami menang,” ujar Ahmad Heryawan ketika ditemui pada konferensi pers di Ballroom Hotel Papandayan Jln. Gatot Subroto, Bandung, Minggu (13/4).

Berdasarkan hasil penghitungan cepat yang dilakukan tim Hade dengan sampel 1.800 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Jabar, Hade mengungguli pasangannya dengan meraih 38,2%, urutan ke-2 diraih Agum Gumelar-Nu’man Abdul Hakim (Aman), dan terakhir Danny Setiawan-Iwan Sulandjana (Da’i). Hasil tersebut tidak berbeda jauh dengan data hasil survei Pusat Studi Demokrasi dan HAM (Pusdeham) yang menyatakan Hade unggul dengan 38,98% suara, disusul Aman 35,42%, dan Da’i 25,6%. Survei yang melibatkan 1.000 pemilih di 20 kota/kabupaten ini menggunakan metode exit polling. Dalam pelaksanaannya, petugas Pusdeham langsung bertanya kepada pemilih yang baru keluar dari TPS.

Pada empat survei sebelumnya, jumlah pendukung Hade terus meningkat dari jumlah awal yang kecil. Pada survei pertama, Hade hanya didukung 10% responden. Namun, jumlah itu terus meningkat pada survei kedua menjadi 25%, ketiga 33%, dan keempat 36%.

Empat hari terakhir, menurut dia, menjadi masa yang paling menegangkan.

Hal serupa diungkapkan Dede Yusuf. Dia menyatakan kebanggaan dan rasa terima kasih kepada semua simpatisan PKS, PAN, PUI, dan seluruh masyarakat Jabar yang sudah memberikan dukungan yang besar kepada Hade. “Keberanian Rano Karno menginspirasi saya untuk ikut dalam kancah pemilihan kepala daerah. Kemenangan kami membuktikan bahwa saatnya kaum muda bangkit dan mendapat porsi menjadi pemimpin,” ungkapnya.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jabar Taufik Ridho menyatakan, kemenangan sementara yang diraih Hade merupakan hasil kerja keras yang dirancang dengan konsep yang matang. “Kemenangan kami bukan karena mendapat durian runtuh, tetapi ini adalah hasil kerja keras kader PKS, PAN, PUI, dan semua pihak yang mendukung Hade dari awal, yang membuahkan hasil kemenangan,” ujarnya.

Untuk itu, Taufik mengajak para kader PKS untuk menjaga kemenangan ini dengan mengamankan surat suara. “Saya sudah menginstruksikan para kader yang menjadi saksi di TPS untuk menjaga kotak suara sampai ke panitia pemungutan kecamatan (PPK),” ungkap Taufik.

Hal senada diungkapkan Ketua DPW PAN Ahmad Adib Zein. Adib mengajak semua kader PAN untuk sama-sama mengawasi jalannya penghitungan suara sampai ke KPUD. Selain itu, Adib mengatakan, kemenangan Hade dalam Pilgub Jabar adalah kemenangan reformasi yang sudah dinantikan selama 10 tahun. (A-158/CA-178)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s