Tiga Calon Yakin Menang

Minggu , 13 April 2008 , 00:18:34 wib
Ziarah dan Doa Bersama Keluarga
Tiga Calon Yakin Menang
sob/dia/mac/ddh/ant

BANDUNG, TRIBUN – Beberapa jam menjelang pemungutan suara Pemilihan Gubernur Jawa Barat, Minggu (13/4), para calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) optimistis bakal meraih suara terbanyak. Tiap calon mengandalkan daerah andalan masing-masing meski suara yang dicapai kurang dari setengah suara sah yang diperebutkan.

Kubu tim sukses pasangan cagub-cawagub Ahmad Heryawan-Dede Yusuf (Hade) mengklaim bakal merebut 38 persen suara. Angka ini turun dari 40 persen suara yang diprediksi sebelumnya.

“Semua perolehan Hade, baik melalui poling maupun pesan singkat (SMS) menunjukkan tren yang baik. Prediksi terakhir kami optimistis 38 persen, dari target semula 40 persen,” ujar ketua tim sukses Hade, Haris Yuliana, Sabtu (12/4).

Optimisme serupa memayungi kubu cagub-cawagub Agum Gumelar-Nu’man Abdul Hakim. Tim sukses pasangan yang dicalonkan koalisi tujuh partai ini bahkan mematok raihan suara lebih besar daripada Hade, yaitu 41 persen. “Terutama berasal dari daerah Pantura, Bogor, Tasikmalaya hingga Ciamis,” ujar Husni Agus, dari tim sukses Agum-Nu’man.

Agum mengaku tidak ada yang spesial menjelang pencoblosan hari ini. “Perasaan saya biasa-biasa saja. Wong saya sudah maksimal bekerja,” ujar Agum kepada Tribun, kemarin.

Meski demikian, Agum mengaku tetap akan berdoa untuk menyongsong hari ini. Bahkan ia berencana akan merenung seorang diri sejenak sambil memohon kepada Tuhan agar diberi yang terbaik. “Saya ini tiap hari berdoa. Namun nanti malam mungkin akan lebih khusyuk,” papar cagub dengan nomor urut dua ini. Agum, yang tidak mencoblos hari ini, akan berkeliling ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di sekitar lokasi kediamannya di Pagergunung dan mengunjungi tabulasi Agum-Nu’man.

Cikeas
Begitu pun dengan cagub incumbent Danny Setiawan. Pria yang berpasangan dengan Iwan R Sulandjana ini merasa biasa-biasa saja menjelang Hari-H. Menanggapi perebutan suara dengan kubu Hade dan Agum-Nu’man, Danny menjawab: “Ya, siap menang dan siap kalah lah.”

Cagub dengan nomor urut satu ini bakal memberikan suaranya di TPS di sekitar Gedung Pakuan, tepatnya di TPS 54 di RT 01/01 Kelurahan Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Adapun Iwan akan memberikan suara di Cikeas, Gunungputri, Kabupaten Bogor. “Karena saya orang Bogor, saya akan memilih di Bogor,” kata mantan Pangdam III Siliwangi ini.

Di kawasan Cikeas juga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluarga dijadwalkan akan memberikan suara mereka. SBY mencoblos di TPS di sebuah lapangan sepakbola di dekat rumah pribadinya di Cikeas, Desa Nagrak, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor.

Lapangan sepakbola itu pernah berfungsi sebagai TPS ketika Presiden dan keluarga memberikan suara pada pemilihan kepala desa secara serentak di Kabupaten Bogor pada 2006.

Acara Danny kemarin cukup padat. Pagi hari ia menyempatkan diri berziarah ke makam orang tuanya di Purwakarta. Ia kemudian menjenguk orang tua anggota DPR RI Ferry Mursyidan Baldan, yang dirawat di RS Santosa Internasional. Menjelang sore, Danny menyempatkan diri mengunjungi Kantor Panwaslu Jabar di Jalan Anggrek. Danny melihat kesiapan Panwaslu untuk memantau Pilgub hari ini. Malam hari, Danny menggelar pengajian di rumah pribadi Jalan Anggrek.

Ke Pasar
Agum kemarin mengisi hari tenang terakhir dengan berbelanja di Pasar Baru, Kota Bandung. Agum membawa serta istrinya, Linda Gumelar, anak dan menantunya, Ami dan Taufik Hidayat, serta cucu perempuannya, Ata Gumelar.

Sejumlah pedagang dan pengunjung pasar terlihat heboh oleh kedatangan cagub yang mantan Menhub ini. Dari lantai satu hingga lantai enam, sejumlah pengunjung serta penjaga dan pemilik toko berebut ingin berfoto bersama atau sekadar bersalaman dengannya.

Namun yang unik, magnet antusias pengunjung dan pegawai toko, yang ingin berfoto, lebih banyak tertuju kepada Taufik Hidayat. “Saya mah ingin berfoto ama Taufik,” ungkap seorang wanita setengah baya.

Ahmad Heryawan, yang juga tidak akan mencoblos, direncanakan memantau pelaksanaan Pilgub di Kompleks Ambara Pura, Kodau V Jalan Merapi Blok G Nomor 8, Rawabogo, Kelurahan Jatimekar, Kecamatan Jati Asih, Pondok Gede, Bekasi. Kemudian, pada siang harinya, ia akan meluncur ke Bandung dan langsung bergabung di Hotel Papandayan.

Sementara itu, Dede Yusuf akan melakukan pemantauan pemungutan suara di Kompleks Perumahan Alamanda, Jalan Tubagus Ismail, Bandung. Ia kemudian melakukan pemantauan di beberapa TPS di daerah tersebut. (sob/dia/mac/ddh/ant)

Sumber: Tribun Jabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s