‘Perang Tarif’ Komunikasi

‘Perang Tarif’. Istilah itu memang lumrah diberikan pada realita dunia komunikasi di Indonesia khususnya. Bukan berita baru lagi sekarang semua provider penyedia jasa komunikasi ‘banting harga’ biaya komunikasi.

Bukan hal aneh pula perang tarif terjadi. Tak lain semua terjadi karena pengaruh kapitalisme menelusup hingga ke desa-desa. Tiap provider bersaing menjaring pangsa pasar. Ada yang memposisikan diri sebagai pelayan segmen kawula muda. Ada pula menyebut dirinya sebagai penyedia fasilitas termurah. Inilah ajang persaingan sebenarnya. Media massa, melalui iklan, pun gencar digunakan untuk menyebarluaskan penawaran menarik tersebut. Bahkan tak jarang pula saling menjatuhkan antar-pesaingnya.

Salah satu hal positif perang tarif tersebut adalah bebasnya konsumen memilih dan menggunakan provider yang tepat dan sesuai dengan kemampuannya. Apalagi saat ini nomor perdana mudah diperoleh dan berbiaya murah. Ada kalanya konsumen pun kerap gonta-ganti nomor karena mudah mendapatkannya. Tampaknya budaya konsumtif masyarakat untuk berkomunikasi tersalurkan dengan mudah.

Berkut ini adalah daftar tarif internet lengkap untuk berbagai operator seluler di Indonesia. Tarif yang tercantum mungkin saja tidak sesuai dengan kondisi tarif terkini. Update tarif tertanggal 31 Maret 2008.

Tarif kartu CDMA
Esia Prabayar 250/mnt + PPN
Pascabayar 250/mnt + PPN

Starone Ngorbit
»prabayar volume based 1/kb
time based 70/menit
»pascabayar paket 350 MB 49000/bln*
paket 1 GB 99000/bln*
time based 50/menit
Flexi Prabayar 3/kb
pascabayar 5/kb

Tarif kartu GSM
Halo via wap 8/kb
via web 8/kb
Simpati via wap 12/kb
via web 12/kb
IM3 volume based 1/kb + PPN
time based 100/mnt + PPN
Mentari volume based 1/kb + PPN
time based 100/mnt + PPN
Matrix 10/kb
XL Bebas 10/kb
3 10/kb
Fren
»prabayar volume based 6/kb
time based 160/mnt
»pascabayar volume based 6/kb
time based 160/mnt

Keterangan:
* = pemakaian di bawah Rp100.000,- sebulan dikenakan biaya abonemen sebesar Rp30.000,-

Di sisi lain, tak jarang pula kita temukan berbagai keluhan masyarakat terhadap tidak sesuainya slogan dan janji-janji provider murah. Coba tengok kolom ‘surat pembaca’ di berbagai media cetak. Banyak keluhan mempertanyakan bahkan merasa dibodohi dengan iklan murah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s