Akhirnya Cabanas Bergabung

Jum’at, 18 April 2008
Olahraga

H. Umuh Muchtar, “Agennya Bersedia Menurunkan Harga”

BANDUNG, (PR).-
Sempat bakal dilepas, Lorenzo Cabanas akhirnya akan bergabung dengan Persib pada Liga Super Indonesia (LSI). Namun, Cabanas harus lolos seleksi fisik yang diselenggarakan oleh Badan Liga Indonesia (BLI) di Universitas Negeri Jakarta.

Wakil Manajer Persib H. Umuh Muchtar mengatakan, proses negosiasi harga Cabanas berlangsung alot. Manajer Persib H. Jaja Soetardja dan Umuh bertemu langsung dengan agen Cabanas, Nelson Sanchez di Hotel Savoy Homann, Kamis (17/4) siang.

“Dengan harga baru yang ditawarkan agennya, ternyata membuat klub lain juga tidak ada yang mau merekrutnya. Setelah adu tawar, harga Cabanas, secara nominal keseluruhan jauh lebih murah dari kontrak tahun sebelumnya,” ujar Umuh di Savoy Homann, Kamis (17/4).

Pada tahun lalu, kontrak Cabanas mencapai Rp 1 miliar. Namun, Cabanas hanya menerima Rp 600 juta, sedangkan agennya mendapatkan sekitar Rp 400 juta. Nilai tersebut belum dengan berbagai fasilitas lainnya yang ditanggung klub. Namun, untuk tahun ini nilai kontraknya sama, sedangkan berbagai fasilitas yang biasa diterima pemain asing ditanggung oleh pihak agen. Dengan begitu, nominal yang diterima Cabanas dan agen di bawah nilai kontrak tahun lalu.

“Lama-lama, agen juga mikir, kalau pemain tidak laku, sumber pemasukannya hilang. Ini kan tawar-menawar bisnis. Posisi klub harus kuat,” ujar Umuh.

Namun, Cabanas belum resmi dikontrak. Nasibnya, sama dengan Hilton Moreira. Sebab, sesuai dengan anjuran dari BLI, klub sebaiknya melakukan kontrak resmi pemain asing setelah dia lolos tes fisik di Jakarta. Jika tidak lolos, BLI tidak akan mengesahkan pemain tersebut berlaga di LSI. BLI memberikan kesempatan dua kali tes bagi pemain yang gagal dalam tes pertama. Nilai VO2 Max pemain asing minimal 55.

“Akan tetapi, kami sudah mencapai kesepakatan dengan Cabanas dan Hilton. Mereka sudah menerima panjar. Jika lolos tes oleh BLI, langsung tanda tangan kontrak. Sebaliknya, jika gagal, mereka siap mengembalikan uang panjar,” ujarnya.

Dengan kehadiran Cabanas ini, Persib kini sudah memiliki tiga pemain asing. Dua pemain lain, yakni Hilton dan Nyeck Nyobe. Pelatih Jaya Hartono mengatakan, Persib akan menggunakan empat pemain asing. Satu lagi masih mencari untuk posisi striker.

“Kami akan menggunakan empat pemain asing karena pemain lokal yang ada sudah cukup kualitas. Satu lagi asing ini harus yang benar-benar memiliki naluri gol tinggi,” ujar Jaya.

Jaya sudah tiba di Bandung kemarin pagi setelah menempuh perjalanan naik kereta api dari Kediri Jatim. Ia akan memimpin latihan Persib di UPI, Jumat sore ini. Pagi harinya, pemain menjalani tes kesehatan di mes Persib Wisma Dharma Bhakti.

Pada latihan kemarin, para pemain menjalani aerobik dan fitnes di Kompleks Olah Raga Batununggal. Menurut instruktur aerobik, Lisma, fisik pemain Persib masih belum baik. Mereka baru memulai lagi latihan aerobik, sehingga masih belum siap dalam tempo tinggi.

“Aerobik selama 20 menit. Pada 10 menit pertama, gerakannya masih sedang, tetapi saat akan ditingkatkan pada 10 menit terakhir, banyak yang berhenti, terus gerak lagi, berhenti lagi. Akan tetapi, nanti juga akan terus meningkat,” ujarnya. (A-65)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s