Di Tasik, Saksi Aman Tolak Tanda Tangani Rekap Suara

Jum’at, 18 April 2008
Menuju Jabar Satu

Tim IT Da’i Terima Kekalahan

BANDUNG, (PR).-
Tim IT Danny Setiawan dan Iwan Ridwan Sulandjana (Da`i) Centre akhirnya mengakui kekalahan, pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2008-2013. Mereka resmi menutup perhitungan suara yang dilakukan Tim IT Da`i Centre, di Posko Cibeunying (Poci), Jln. Taman Cibeunying Selatan No. 11 A, Bandung, Kamis (17/4).

“Instruksi Pak Iwan, mulai Kamis (17/4) perhitungan distop. Beliau menganggap sudah cukup karena suara Da`i sulit menyalip. Kita tinggal menunggu perhitungan dari KPU,” ujar Ketua Pelaksana Tim IT Da`i Centre Abu Bakar ketika ditemui “PR” di Poci, kemarin.

Menurut Ketua Tim IT Da`i Centre Ade Uus, hingga pukul 4.00 WIB, yang masuk ke IT 12.822.992 suara. Pasangan Da`i mendapat 26,10%, Aman 34,72%, dan Hade 39,81%.

Iwan Sulandjana ketika dihubungi “PR” di Bogor mengakui kekalahannya. Karena melihat hasil perhitungan sementara KPU ataupun Tim Da`i Centre, Hade tetap di posisi teratas disusul Aman. “Kalaupun suara Da`i naik, tetap tipis. Jadi, berat kalau harus menyusul suara Hade ataupun Aman. Namun yang menarik, suara Da`i ini pindah ke Hade,” tuturnya.

Ditanya penyebab kekalahan Da`i, menurut Iwan, salah satunya karena mesin politik tidak berjalan secara optimal. Sementara itu, mesin politik PKS berjalan maksimal. Masyarakat juga mulai bosan dengan partai sehingga harus dievaluasi untuk perbaikan ke depan khususnya mempersiapkan Pemilu 2009.

Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Ajeng Suminar memprotes keras terhadap tudingan, mesin partai tidak berjalan optimal. Menurut dia, baik Partai Demokrat maupun Partai Golkar sudah maksimal berupaya memenangkan Da`i. Begitu juga dengan kader di bawah.

“Masyarakat ingin perubahan. Kalau ada yang mengatakan mesin politik tidak jalan, itu seperti dikatakan oleh orang yang tidak intelek. Namun, ketika ada sebagian kekurangan, tentunya itu merupakan hal yang wajar,” ungkapnya.

Di berbagai daerah
Di Tasikmalaya, saksi pasangan Aman menolak menandatangani rekapitulasi hasil penghitungan KPU Kota Tasikmalaya, Kamis (17/4). Penyebabnya, banyak aksi black campaign mengacaukan perolehan suara Aman, dan mempertanyakan keabsahan jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Saksi dari tim Da`i tak hadir hanya saksi Hade yang menandatangani, yaitu Budi Achdiat.

Asep Syahrial, saksi dari tim Aman menolak menandatangani karena terjadi berbagai kecurangan selama pelaksanaan pilgub dan minta diusut tuntas. “Jelas hasil penghitungan tidak kami akui karena proses demokrasi pilgub telah dikotori segelintir orang. Namun, baik Panwasda maupun polisi belum mengusutnya,” katanya.

Sementara itu, para pendukung Aman di Kuningan diminta agar tidak gampang terprovokasi atas kekalahan Aman. “Bagi Kuningan, Aman tetap menjadi sebuah kemenangan dengan raihan 50% lebih,” kata Ketua DPC PDIP Kab. Kuningan, Acep Purnama, S.H., didampingi Sekretaris Rana Suparman, S.Sos.

Menurut Acep, kemenangan di Kuningan sebuah kerja keras dan tetap perlu dihargai, serta bisa menjadi titik terang untuk Pilkada Kuningan tahun ini. DPC PDIP akan menginstruksikan kepada masyarakat untuk tetap melek dalam mewujudkan kemajuan daerah.

Sementara itu, KPUD Kota Sukabumi telah menghentikan rekapitulasi hasil perhitungan suara sementara Pilgub Jabar sejak dua hari lalu karena dianggap sudah 100%. Seluruh PPK di tujuh kecamatan telah melaporkan hasil serta telah diserahkan dan dihitung ulang di KPUD Kota Sukabumi.

Di Majalengka, tim sukses Aman pun menolak hasil penghitungan suara KPUD setelah aksi protes mereka diabaikan. Menurut ketua tim sukses Aman yang juga Ketua DPC PDIP Majalengka H. Sutrisno dan Pepep Saepulhidayat, KPUD dianggap menyalahi ketentuan UU. (A-136/A-97/A-162/C-31/A-146/A-163/B.76)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s