Jairon Diberi Kesempatan Lagi

Selasa, 22 April 2008
Olahraga

Jaya Menilai Kemampuan Individunya Cukup Baik

BANDUNG, (PR).-
Masa seleksi pemain asing asal Brasil, Jairon Feliciano Damasio, diperpanjang lagi. Pelatih Jaya Hartono menilai kemampuan individu dia cukup baik, namun dalam kerja sama tim belum terlihat karena tidak mendapatkan banyak suplai bola.

“Nanti ada dua pemain asing baru yang akan datang ikut seleksi sebagai perbandingan,” ujar Jaya seusai latihan di Lapangan UPI Bandung, Senin (21/4). Dua pemain asing baru ini didatangkan agen Nelson Sanchez.

Menurut manajer H. Jaja Soetardja, pemain asing itu baru pertama kali merumput di Indonesia. Mereka tidak ikut main saat duel sesama pemain asing pada Piala Kang Dada 2008 lalu. Sanchez menawarkan pemain tersebut saat negosiasi nilai kontrak Lorenzo Cabanas dengan manajemen Persib. Saat ini Persib masih mencari pemain posisi striker yang bertipikal eksekutor.

Selain masih melihat naluri mencetak gol Jairon dalam game internal, Jaya mulai membenahi kekuatan dan kekompakan per lini. Saat ini, fokus utama adalah pembenahan di lini belakang. Latihan mulai dilaksanakan sehari dua kali, pagi dan sore. Porsi latihan pagi untuk meningkatkan kemampuan fisik, sedangkan sorenya digelar game internal.

Jaya sudah merancang pola 4-4-2 yang akan diterapkan Persib. Dengan posisi sejajar di belakang, pemain dinilai masih kebingungan. Apalagi dengan pola 4-4-2 ini, tidak ada pemain sebagai libero atau orang kedua terakhir sebelum kiper.

“Pemain masih terbiasa pola 3-5-2, ada orang yang mengisi libero. Tadi saya coba Maman (Abdurahman) sebagai leader, tetapi belum bisa. Komunikasi yang menjadi titik lemah,” ujar Jaya.

Ia mengaku optimistis pola 4-4-2 bisa menjadi strategi andalan Persib pada Liga Super Indonesia (LSI) 2008. Namun, para pemain masih butuh waktu untuk adaptasi. “Kita sambil jalan membenahinya,” ujar Jaya.

Untuk itu, dia akan secara bertahap membenahi kelemahan tim ini. Setelah selesai lini belakang, pembenahan berikutnya untuk posisi lini tengah dan depan. Pada game internal kemarin, Jaya menerapkan pola sama 4-4-2. Terkadang, Jaya harus menghentikan permainan untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan pemain.

Pindah 1 Mei
Para pemain Persib dijadwalkan pindah menempati mes baru di Stadion Persib pada 1 Mei mendatang. Hal itu diutarakan Jaja Soetardja, Senin (21/4). Jaja berserta wakil manajer H. Umuh Muchtar dan Sekda Kota Bandung H. Edi Siswadi meninjau mes Persib kemarin.

Menurut Jaja, semua peralatan sudah ada di mes, namun tinggal pemasangan. Oleh karena itu, waktu sekitar 10 hari dinilai cukup untuk berbenah diri menjadi siap huni.

Namun, untuk lapangan masih belum bisa digunakan dalam waktu cepat. Minimal butuh waktu satu bulan lagi untuk melihat kondisi terakhir lapangan.

“Akar rumputnya masih belum terlalu kuat. Jika digunakan latihan, takutnya langsung rusak lagi. Mendingan menunggu waktu dulu. Namun, untuk mes awal Mei sudah bisa digunakan,” ujarnya.

Kehadiran mes Persib ini sekaligus untuk menekan biaya pengeluaran karena selama ini Persib selalu menyewa di tempat lain. (A-65)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Lihat juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s