Pemenang Pilgub Ditetapkan Hari Ini

Selasa, 22 April 2008
Utama

BANDUNG, (PR).-
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar akan menetapkan pasangan calon gubernur/wakil gubernur pemenang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara secara manual, Selasa (22/4) ini. Penyelenggaraan rekapitulasi akan dilakukan secara terbuka di Aula KPU Jabar dengan penjagaan ketat dari aparat kepolisian.

Sementara itu, hasil rekapitulasi penghitungan suara di 26 KPU kabupaten/kota di Jabar menunjukkan bahwa pasangan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf (Hade) unggul dengan 6.421.721 suara (39,11%). Sedangkan pasangan Agum Gumelar – Nu’man Abdul Hakim (Aman) meraih 5.836.660 suara (35,55%), dan Danny Setiawan – Iwan Ridwan Sulandjana (Da’i) meraih 4.159.775 suara (25,34%).

“Perhitungan suara akan tetap dilaksanakan sesuai perundang-undangan, Selasa (22/4). Kalau pun ada yang keberatan terhadap hasil penetapan, UU 32/2004 memberikan waktu selama tiga hari sejak penetapan,” kata anggota KPU Jabar, Radhar Tribaskoro, di Kantor KPU Jabar, Senin (21/4).

Radhar mengatakan, sebagai persiapan rapat pleno dan penetapan hasil Pilgub Jabar Selasa (22/4), KPU Jabar telah menggelar rapat tertutup bersama seluruh anggota KPU kabupaten/kota se-Jabar di salah satu tempat di Bandung, kemarin siang. Pemilihan tempat rapat selain di kantor KPU, menurut Radhar, dilakukan agar rapat berjalan tenang. Pasalnya, pada waktu bersamaan, di KPU Jabar terjadi aksi unjuk rasa yang dilakukan dua ratusan anggota ormas pendukung pasangan Aman yang meminta agar penghitungan suara dihentikan dan rapat pleno ditangguhkan.

Sekretaris KPU Jabar Deddy S. Warmana juga menegaskan, rapat pleno KPU tetap akan digelar Selasa (22/4). Sejauh ini, sejumlah persiapan tengah dilakukan untuk menggelar rapat tersebut.

Rekapitulasi kab./kota
Seluruh KPU kab./kota di Jabar telah menyelesaikan penghitungan suara manual dan menyerahkannya ke KPU Jabar. Hasil rekapitulasi di kab./kota itulah yang akan direkapitulasi dan ditetapkan oleh KPU Jabar hari ini. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari hasil rekapitulasi 26 kab./kota, Hade unggul di Kab. Bogor, Kab. Sukabumi, Cianjur, Kab. Bandung, Garut, Kab. Cirebon, Majalengka, Kab. Bekasi, Kab. Bandung Barat, Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Bekasi, Depok, dan Cimahi. Sementara itu, Aman berjaya di Kab. Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Sumedang, Subang, Karawang, Kota Bogor, dan Kota Tasikmalaya. Sedangkan Da’i hanya menang di Indramayu, Purwakarta, dan Banjar.

Sejak kemarin, KPU Jabar memang menghentikan publikasi sistem penghitungan (situng) di Media Center KPU Jabar. Meski demikian, menurut Kabag Humas dan Hukum KPU Jabar, Heri Suherman, input data untuk situng terus dilakukan staf KPU meski tak dipublikasi.

Sementara itu, Polda Jabar telah mempersiapkan pasukan. “Kami akan mensterilkan Kantor KPU Provinsi. Termasuk juga kantor Panwas Pilgub Provinsi. Kekuatan pasukan tergantung kondisi di lapangan nanti. Kalau perlu ditambah dari yang sekarang ada, kita siap,” kata Kapolda Jabar Irjen Pol. Susno Duadji.

Pengamanan diperlukan untuk mengantisipasi aksi massa pendukung pasangan cagub/ cawagub yang kurang puas oleh penetapan hasil pilkada.

Hade
Ditemui di Jln. Ir. H. Juanda, Cagub Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, ia belum menyatakan sikap terkait tren keunggulan suara yang diperolehnya bersama Dede Yusuf. “Meski hasil penghitungan suara secara internal kami menang, kami akan tetap menunggu sampai proses penghitungan selesai dan ditetapkan KPU, baru kami akan bersikap,” ujarnya.

Berdasarkan perhitungan riil terakhir yang dilakukan tim Research and Development Partai Keadilan Sejahtera (R&D PKS) Jabar, Hade hampir dipastikan menjadi pemenang Pilgub Jabar. Mereka meraih 7.289.127 suara (40,5%), Aman 6.217.332 suara (34,55%), dan Da’i sebanyak 4.490.143 suara (24,95%).

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s