Bahagia Bercampur Haru

Rabu, 23 April 2008

KEMENANGAN Hade dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar 2008 terasa fenomenal, terlebih dengan hadirnya figur Dede Yusuf sebagai wakil gubernur. Meski sudah terjun ke kancah politik nasional sejak 2004, namun sosok pria bernama lengkap Yusuf Macan Effendi ini lebih dikenal masyarakat dari sisi keartisannya.


Karier Dede di dunia politik memang tidak sepanjang di dunia hiburan. Pria kelahiran Jakarta, 14 September 1966 ini, pertama kali dikenal masyarakat ketika bermain sebagai tokoh Jojo dalam sinetron “Rumah Masa Depan” pada pertengahan tahun 1980-an. Karier Dede di dunia hiburan semakin menanjak setelah memainkan peran Kendi, sahabat Boy dalam film layar lebar “Catatan Si Boy” tahun 1987. Putra pasangan Ir. Tammy Effendi(almarhum) dan Hj. Siti Rahayu Effendi ini kemudian terus malang melintang di layar kaca dan layar lebar. Sisi selebritas dan sifat yang ramah itu ternyata menjadi nilai lebih dari suami Ir. Sendy Ramania ini di kalangan pelaku politik.

Jiwa kepemimpinan Dede mulai muncul sejak ia dipercaya menjadi ketua salah satu departemen di Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1992.

Setahun Kemudian, Dede aktif di Pokja Seni Budaya Golkar. Tahun 1995 ,Dede memutuskan untuk mengundurkan diri dari Golkar karena kesibukannya sebagai seniman. “Waktu itu, saya ingin konsentrasi ke pekerjaan sebagai artis,” ungkap Dede.

Akan tetapi, jiwa sosial Dede ternyata tidak mampu dibendung, tahun 2002 Dede bergabung bersama PAN.

Pada Pemilu Legislatif 2004 Dede terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2004-2009. Sejak itu, karier politik dimulai sebagai anggota Komisi VII DPR RI dan Wakil Sekjen DPP PAN.

Menjalani tugasnya sebagai wakil rakyat, Dede kerap kali memanfaatkan waktu resesnya untuk berdialog dengan masyarakat di daerah pemilihannya, Priangan Timur.

Selama melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat di wilayah Jabar sembilan, Dede mengetahui persis masalah yang terjadi di wilayah tersebut. Akan tetapi, kapasitas sebagai anggota DPR RI membuat Dede hanya mampu mengalokasikan anggaran DPR di wilayah tersebut.

Akhirnya ayah dari Alifiya Arkana Paramita dan Kaneishia Latifa Zahra ini memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Jabar bersama cagub dari PKS Ahmad Heryawan.

Sebagai keturunan Galuh, Dede juga merasa bertanggung jawab untuk ikut serta membangun Jabar ke arah yang lebih maju.

Dede mengaku bahagia dan haru bercampur saat Ahmad Heryawan dan dirinya ditetapkan sebagai calon terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar periode 2008-2013. “Ini kemenangan masyarakat Jabar dan saya berterima kasih kepada seluruh kader PAN dan PKS yang bekerja keras meski uang rokok pun tidak ada. Sungguh sebuah prestasi besar bagi mereka,” ungkap Dede. (Handri Handriansyah)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s