Guru Lebih Efektif Sosialisasikan PLH

BANDUNG, (PR).-
Guru dianggap elemen paling penting dan efisien dalam menyosialisasikan pendidikan lingkungan hidup. Pasalnya, para guru diharapakan memberikan pengetahuan tentang isu-isu lingkungan, yang sekarang sering didengungkan, kepada siswanya sebagai generasi penerus.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Pusat Pemanfaatan dan Iklim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin di sela-sela acara memperingati Hari Bumi yang bertajuk “Pembangunan Berkelanjutan Demi Kelangsungan Planet Bumi”, di Kantor Lapan Jln. Djundjunan No. 133 Bandung, Selasa (22/4).

“Kita sebenarnya ingin menyosialisasikan pengetahuan tentang Bumi dengan memberikan informasi kepada guru yang nantinya dapat ditularkan kepada siswanya. Tidak harus isu global, tapi isu lokal seperti mengapa Bandung udaranya panas, mengapa masa tanam dalam setahun menjadi dua kali, mengapa Bandung yang dulunya tidak banjir menjadi banjir,” katanya.

Thomas mengatakan, pembagian peran diharapkan dapat menciptakan rasa tanggung jawab bahwa masalah lingkungan baik global maupun lokal menjadi masalah kita bersama.

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, selain menggelar sosialisai lingkungan, Lapan juga menyelenggarakan lomba penulisan karya ilmiah tentang lingkungan untuk siswa SMA, SMP, dan SD, serta kategori umum, guru, dan mahasiswa.

Sementara itu, ketua panitia acara tersebut, Eddy Hermawan mengungkapkan ada dua aspek yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan. Salah satunya aspek ilmu pengetahuan. Ternyata hal ini merupakan hal baru bagi para guru. “Jadi, melalui guru diharapkan informasinya sampai kepada generasi muda, yaitu siswa yang berada pada tahap pematangan intelektual sehingga mereka lebih peduli terhadap isu lingkungan,” ucapnya.

Ketika ditanya apakah ada rencana kerja sama dengan Departemen Pendidikan untuk memunculkan pelajaran pendidikan lingkungan hidup, Eddy menjawab, untuk jangka waktu dekat belum ada. Jadi, masih dalam sebatas diskusi dan pembinaan di luar pelajaran sekolah. “Kalau di Jepang pemahaman tentang lingkungan hidup sudah ada sejak dini,” katanya. (CA-186)***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s