Mencari Solusi Pengembangan Ekonomi

Oleh Dada Rosada

GUNA mewujudkan target laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Kota Bandung sebesar 11% tahun 2008, Pemerintah Kota Bandung memandang perlu melakukan suatu program akselerasi pencapaian LPE sesuai yang diharapkan.

Program yang dilaksanakan harus dapat menyentuh sendi-sendi perekonomian masyarakat dan dapat menyinergikan seluruh pelaku di dalamnya.

Terkait hal itu, digulirkan program Jaring Aspirasi dan Partisipasi Masyarakat (Jasmara) bidang ekonomi sebagai salah satu strategi implementasi kebijakan yang terangkum dalam tujuh program prioritas pembagunan Kota Bandung.

Melalui program Jasmara Ekonomi maka aspirasi, potensi, dan partisipasi yang ada di masyarakat dapat diinventarisasi serta dibahas secara bersama-sama dalam kerangka mengakomodasi serta mencarikan solusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat dalam pengembangan ekonomi. Selanjutnya, Pemkot Bandung mencoba menghimpun berbagai aspirasi sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan pembangunan ekonomi selanjutnya sehingga akan tercipta sinergitas pembangunan ekonomi.

Dalam tatanan kebijakan pembangunan kota, program Jasmara Ekonomi ditujukan untuk menyikapi berbagai isu strategis yang termuat dalam Rencana Strategis Kota Bandung 2004-2008, yakni bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat yang berbasis potensi dan kemampuan lokal serta dilaksanakan dengan adil, bagaimana menciptakan daya tarik investasi dan iklim usaha yang mendorong perluasan lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi kota, bagaimana meningkatkan upaya penanggulangan kemiskinan yang didasarkan pada asumsi bahwa setiap peningkatan kegiatan ekonomi akan berpengaruh pada peningkatan lapangan kerja dan kesempatan berusaha. Hal itu, pada gilirannya akan meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

**

MENYUKSESKAN program tersebut, khususnya dalam pembangunan ekonomi Kota Bandung, tentunya kegiatan Jasmara Ekonomi harus didukung oleh berbagai pihak terkait. Dengan demikian, pembangunan ekonomi kota yang kuat dan berkeadilan dengan berbasis pada seluruh potensi sumber daya yang ada demi kesejahteraan masyarakat dapat terlaksana sebagaimana yang diharapkan.

Program ini bermaksud meningkatkan kualitas dan kuantitas pembangunan ekonomi di Kota Bandung dalam rangka mewujudkan kemakmuran masyarakat Kota Bandung.

Lewat program ini, diharapkan mampu menjaring aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan dan penetapan kebijakan pembangunan bidang ekonomi. Selain itu, juga agar partisipasi masyarakat dalam bidang ekonomi dapat ditingkatkan.

Melalui program ini juga diharapkan dapat membangun pola kemitraan yang harmonis antara pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat dalam pembangunan bidang ekonomi. Dengan demikian, jaringan pembangunan dalam pengembangan bidang ekonomi dapat terwujud.

Program Jasmara Ekonomi ini dilakukan melalui berbagai tahapan dan bentuk kegiatan, seperti dialog interaktif, gelar produk, kemitraan dan konsultasi, serta pemberian bantuan.

Dalam membangun perekonomian suatu kota, peran aktif seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sangatlah dibutuhkan agar seluruh potensi yang ada dapat dioptimalkan. Dengan demikian, hasilnya pun dapat lebih bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Pemerintah Kota Bandung sebagai fasilitator dan regulator akan terus berupaya mewujudkan sinergitas dalam pembangunan dengan merumuskan suatu kebijakan atau aturan dan program yang sesuai kebutuhan masyarakat.***

Penulis, Wali Kota Bandung.

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s