UKM Jangan Ragu Memanfaatkan KUR

Kamis, 24 April 2008
EKONOMI & KEUANGAN

JAKARTA, (PR).-
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan agar pengusaha kecil dan mikro tidak ragu-ragu memperoleh permodalan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa agunan. “Tolong jangan disia-siakan. Cari akses mendapatkan pinjaman untuk dapat kredit tanpa agunan, yang dijamin pemerintah,” katanya saat membuka pameran ke-10 International Handicraft Trade Fair (Inacraft) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (23/4).

Dihadapan para perajin, Presiden mengatakan, pemerintah telah mengalirkan banyak uang kepada koperasi dan bank untuk program KUR tanpa agunan tersebut. Dia berharap dengan bantuan itu industri kerajinan Indonesia terus meningkat hingga menyerap tenaga kerja.

Pada 2007, kata Presiden, sumbangan kerajinan pada pendapatan domestik bruto cukup nyata senilai Rp 105 triliun dan menghasilkan lapangan pekerjaan sebesar 4,5 persen atau setara dengan 5 juta tenaga kerja baru.

Pada kesempatan itu, Presiden mengingatkan, potensi pasar di dalam negeri masih kuat. Oleh karena itu, para perajin jangan hanya berorientasi pada ekspor, tapi juga turut mengembangkan pasar domestik.

Menurut Direktur UMKM BRI Sulaiman Arief, program KUR dibentuk untuk mencari nasabah baru yang produktif namun belum memiliki dukungan pembiayaan dari bank. “Jadi, mereka yang belum bankable dan belum manjadi debitur bank lain,” ujarnya.

Pemberian KUR untuk nasabah adalah sebesar Rp 5 juta ke bawah dan mendapat dukungan dari koperasi atau departemen binaan. “Kita harapkan ke depan nasabah KUR ini bisa menjadi nasabah Kupedes yang plafon kreditnya di atas Rp 5 juta sampai Rp 100 juta,” tutur Sulaiman. (A-130/A-78)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s