Cabanas Siap Ikuti Lintas Alam

Rabu, 30 April 2008
Olahraga
Tiba di Bandung, Selasa Sore

BANDUNG, (PR).-
Pemain gelandang asal Paraguay Lorenzo Canabas mulai Rabu (30/4) ini akan langsung bergabung dengan Persib dalam sesi latihan cross country (lintas alam) di kawasan Lembang. Cabanas yang ditemui wartawan di Hotel Royal Palace, Selasa (29/4) sore menuturkan, dirinya tiba pukul 12.00 WIB di Bandara Soekarno Hatta setelah melakukan perjalanan dari Paraguay. Ia langsung menuju Bandung dengan menggunakan travel dan tiba pukul 16.30 WIB.

“Saya berangkat dari Paraguay Minggu malam melalui rute perjalanan yang panjang, Argentina-Capetown-Malaysia-Jakarta dalam jangka waktu 30 jam. Tentu saja ini membuat saya capai, namun saya sangat bersemangat ingin segera bergabung dalam latihan,” tuturnya.

Cabanas merasa senang sekali bisa kembali bergabung dengan Persib dan bisa bertemu dengan sebagian besar rekannya di Persib musim lalu. “Saya sangat rindu Bandung, terutama para suporternya,” ungkapnya.

Dia juga bersemangat melihat pelatih baru Persib, Jaya Hartono. Meski belum pernah ditangani Jaya, dia mengaku sudah tahu kualitas Jaya sebagai pelatih. “Mungkin saya tidak akan latihan terlalu berat dulu, masih capai, tapi saya mau ikut Persib latihan,” katanya.

Mengomentari berita miring soal nilai kontraknya, Cabanas mengatakan dirinya mengetahui gonjang-ganjing tersebut melalui internet. Namun, dia sedikit bingung karena mengapa hanya nilai kontrak dirinya yang dipermasalahkan masyarakat.

“Masalah kontrak itu persoalan pribadi saya dengan Persib. Kalau dibicarakan secara terbuka dan jika tidak ada persetujuan, itu namanya tidak profesional. Saya kira ini ada keterlibatan oknum di dalamnya sehingga kabar ini menjadi besar,” ujarnya sedikit emosional.

Mengenai nilai kontrak yang sedikit di atas pemain asing lainnya, menurut dia, itu bukan suatu persoalan. Dikatakannya, jika memang dirinya berkualitas, pantas meminta sedikit lebih dibandingkan musim lalu.

Sementara itu, sesi latihan Persib Rabu ini akan diisi dengan lari lintas alam di Lembang, dekat Vila Melati Putih. Rencananya, jarak yang akan ditempuh oleh para pemain sekitar 8 km.

Menurut Sekretaris Tim Yudiana, latihan ini wajib diikuti oleh semua pemain, termasuk Cabanas dan Zaenal Arief yang belum sembuh kakinya dari cedera. “Untuk Arief dan Cabanas, besok pagi akan kami lihat dulu kondisi mereka. Kalau tidak memungkinkan, mereka tidak akan ikut sesi latihan tersebut. Namun, mereka tetap diwajibkan untuk ikut ke sana, yang penting datang dan melihat,” katanya.

Rombongan Persib akan berangkat dari Puscadnas sekitar pukul 14.00 WIB menuju lembang. Diperkirakan, Persib akan tiba sekitar pukul 15.30 WIB.

Tes kesehatan
Dengan telah lengkapnya skuad asing Persib, manajemen Persib segera akan mengirim tiga pemain asing yang telah resmi merapat di Persib. Jairon Feliciano Damasio, Nyeck Nyobe George Clement, dan Hilton Moriera akan menjalani tes fisik dan tes kesehatan yang digelar Badan Liga Indonesia (BLI) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan RS Siaga Raya, Pejaten Pasar Minggu, Jakarta, Jumat (2/5).

Sementara untuk Cabanas, menurut Manajer Persib Jaja Soetardja, akan menunggu kondisi fisiknya pulih terlebih dahulu setelah melakukan perjalanan jauh. “Dia kan baru datang, kemungkinan besar masih lelah. Kita tunggu beberapa hari lagi. Untuk Jumat, tiga pemain asing saja dulu,” tutur Jaja.

Mengenai tes ini, Cabanas mengatakan, meski ini akan jadi momok untuk para pemain asing, kalau itu sudah regulasi dari BLI, dirinya akan siap menjalaninya. Dia sempat kaget dengan persyaratan batas minimal Vo2 Max pemain asing yaitu 58 ml/kg/menit.

Jika pada tes pertama tersebut gagal, sesuai dengan peraturan BLI, mereka akan diberikan kesempatan hingga tiga kali, sebelum dinyatakan layak berlaga di Liga Super Indonesia (LSI). Setiap pemain dikenai biaya Rp 250.000,00. (A-161/A-150)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s