Jaya Rekomendasikan Jairon

Rabu, 30 April 2008
Olahraga
Rencana Mencari Striker ke Malaysia Batal

BANDUNG, (PR).-
Pelatih Jaya Hartono merekomendasikan pemain asal Brasil, Jairon Feliciano Damasio, untuk direkrut Persib menghadapi Liga Super Indonesia (LSI) 2008. Pemain yang menempati posisi striker ini, diharapkan bisa mempertajam serangan Persib.

Namun, manajemen Persib masih mencari kecocokan nilai kontrak dengan agen Jairon, Eko Subekti. “Kami masih negosiasi harga,” ujar manajer Persib, H. Jaja Soetardja ketika dihubungi Senin (28/4) petang.

Seandainya ada kecocokan nilai kontrak, Jairon belum resmi bergabung dengan Persib karena sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan Badan Liga Indonesia (BLI), pemain asing yang boleh tampil di Liga Super Indonesia (LSI) 2008 harus lolos tes fisik. Tes ini dilaksanakan oleh BLI bekerja sama dengan UNJ di Jakarta. BLI mengeluarkan standar, untuk pemain asing minimal memiliki nilai VO2 Max 58.

Wakil Manajer Persib, H. Umuh Muchtar mengatakan, dengan adanya rekomendasi untuk Jairon, rencana melihat langsung penampilan dua striker haus gol di Liga Super Malaysia, yakni Marlon Alex James dan Philimon Chipeta, dibatalkan.

“Kebutuhan lini depan sudah bisa terpenuhi. Manajemen tidak melakukan intervensi. Perekrutan pemain menjadi kewenangan penuh pelatih,” ujar Umuh di Wisma Dharma Bhakti, kemarin siang.

Sebelum mengeluarkan rekomendasi Jairon, tim pelatih berdiskusi dengan Umuh di Wisma Dharma Bhakti. Setelah muncul keputusan tersebut, Ketua Harian Persib, H. Edi Siswadi datang. Pada saat itu juga, Umuh melaporkan rekomendasi tim pelatih soal Jairon kepada Edi. Menurut Umuh, Edi Siswadi mendukung semua keputusan pelatih.

“Bahkan, Pak Edi memberikan kelonggaran, jika masih membutuhkan lagi pemain asing, jumlah kuota lima bisa dimaksimalkan. Namun sampai saat ini, kami akan menggunakan empat pemain saja dulu. Jatah satu lagi dilihat sambil berjalan,” tutur Umuh.

Jika Jairon direkrut, Persib sudah memiliki empat pemain. Tiga pemain lagi, yakni Nyeck Nyobe, Hilton Moreira, dan Lorenzo Cabanas. Namun, semua pemain asing ini tetap harus lolos tes fisik yang dilaksanakan BLI.

Setelah memiliki empat pemain asing, Persib pun tidak akan lagi menggelar seleksi pemain impor. Hal ini membuat tim pelatih bisa lebih konsentrasi mempersiapkan tim karena tidak perlu lagi mencari pemain baru.

Berkaitan dengan kebutuhan Persib saat ini adalah mencari striker haus gol, pelatih Jaya Hartono mengatakan, pemain depan yang ada saat ini masih bisa dimaksimalkan. “Naluri gol bisa diciptakan,” ungkap Jaya.

Oleh karena itu, dalam latihan nanti, pemain lini depan akan mendapat porsi khusus untuk mengasah ketajaman mencetak gol. Selain Jairon, Persib masih memiliki pemain lain di lini depan yakni Zaenal Arif, Airlangga Sucipto, Hilton Moreira, dan Siswanto. Namun, peran Hilton dan Siswanto sebagai second striker.

Jaya menjelaskan, Jairon merupakan pemain yang rajin bergerak membuka daerah pertahanan lawan. Karakater pemain seperti ini sering mengacaukan konsentrasi pemain belakang lawan. (A-65)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s