Perlahan Tapi Pasti

“PERLAHAN TAPI PASTI”


Seperti itulah gambaran yang dimiliki penulis terhadap penyusunan pemain tim PERSIB yang akan berlaga di Liga Super Indonesia 2008. Proses rekrutmen pemain, terutama pemain asing yang akan membela pun dilakukan dengan tahapan yang panjang. Sebut saja saat akan ‘menggaet’ striker asal Brazil, Jairon Feliciano Damasio, proses pengenalan karakter pemain, sekaligus ajang adaptasi pemain terhadap tim PERSIB dilakukan sekitar 2 minggu. Si pemain dibiarkan berlatih dahulu bersama tim selama dua minggu tersebut, setelah menganggap sudah ada ‘chemistry’ dan menganggap sang pemain memiliki karakter sesuai kebutuhan tim barulah jajaran pelatih dan manajemen melakukan pra-kontrak.

Atau simak pula pengalaman untuk kembali mengontrak “Jenderal Lapangan” asal Paraguay, Lorenzo Cabanas. Perjuangan manajemen pun tidak mudah. Termasuk proses negosiasi panjang dengan agen pemain tersebut, Nelson Sanchez. Kabar tersiar sang agen menawarkan harga yang sangat mahal dan dianggap di luar perhitungan dan kemampuan tim PERSIB. Banyak komentar muncul terkait issu tersebut. Betapa para bobotoh anggap penawaran si agen di luar nalar. Banyak pula yang berpendapat bahwa harga tersebut tidak sesuai dengan kapasitas Cabanas sendiri, termasuk membandingkan dengan kemampuan pemain lain, seperti Ronald Fagundez.

Namun, itu adalah cerita lalu. Saat ini Cabanas pun sudah merapat ke PERSIB. Bahkan menurut berita terakhir (PR, 30/04) Cabanas sudah sampai ke Bandung, Selasa (29/04) dan rencananya mulai mengikuti sesi latihan cross country (lintas alam) di kawasan Lembang, bersama anggota tim lainnya.

Berita di luar perkiraan para bobotoh adalah “Kembalinya Anak Buangan” PERSIB, Nyeck Nyobe George Clement. Ya, para bobotoh tentu tahu, Nyeck Nyobe adalah salah satu palang pintu andalan persib pada musim kompetisi 2007/2008, ketika itu masih berlaga di Divisi Utama. Namun, pada paruh musim kedua Nyeck ‘tercoret’ dari tim PERSIB karena jatah pemain asing yang dimiliki PERSIB diganti oleh Leontin Chitescu. Akhirnya Nyeck merapat ke Persila Lamongan. Memang saat PERSIB mulai gontai pada paruh musim kedua tahun lalu, hingga pada awal penyusunan pelatih dan pemain, bobotoh banyak yang meminta manajemen dan pelatih menarik kembali Nyeck Nyobe ke Persib. Namun, keinginan bobotoh sebelumnya tampak sia-sia karena, menurut media massa, Nyeck Nyobe enggan kembali ke PERSIB karena rasa sakit hati yang telah diusir pelatih PERSIB terdahulu.
Kembali lagi peran manajemen yang pro-aktif melakukan komunikasi dengan Nyeck Nyobe, Akhirnya Nyeck pun ‘pulang kandang’ ke Persib.

Sementara itu, seorang striker dari Brazil, Hilton Moreira, merapat ke PERSIB tidak lepas dari ‘campur tangan’ peramu tim PERSIB saat ini (Jaya Hartono), yang ikut memboyong Moreira bersama beberapa pemain lokal lainnya.

Itulah beberapa kisah pemain asing yang masuk dalam jajaran pemain PERSIB pada LSI 2008 ini. Sebelum membahas beberapa pemain lokal yang merumput bersama PERSIB tahun ini, ada baiknya kita berkenalan dengan jajaran manajemen dan pelatih tim PERSIB 2008.

Pelatih
Pelatih Kepala: Jaya Hartono
Asisten Pelatih: Robby Darwis, Yusuf Bachtiar
Asisten Pelatih Kiper: Anwar Sanusi

Managemen
Manager: H. Jaja Sutardja
Wakil Manager: H. Umuh Muhtar
Pelatih Fisik: Entang Hermanu

Pemain
Penjaga Gawang
Tema Mursadat
Cecep Supriatna
Edi Kurnia

Belakang
Nyeck Nyobe
Maman Abdurahman
Nova Arianto
Wildansyah (pemain muda)
Harri Salisburi
Edi Hafid
Irwan Wijasmara (pemain muda)

Tengah
Chandra Yusuf (pemain muda)
Hariono
Waluyo
Suwita Pata
Eka Ramdani
Gilang Angga
Atep
Salim Alaydrus
Siswanto
Lorenzo Cabanas

Pemain Depan
Zaenal Arif
Hilton Moriera
Airlangga Sucipto
Jairon Feliciano Damasio

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s