Buruh Menolak Sistem Kontrak

Jum’at, 02 Mei 2008
Jawa Barat

Dalam Aksi Unjuk Rasa di Kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA, (PR).-
Ratusan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) dan Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP) Kab. Purwakarta, Kamis (1/5), menggelar aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional (May Day), di depan Pemkab Purwakarta.

Dua kelompok buruh yang berdemo meneriakkan satu kata, yaitu tolak sistem kerja kontrak dan outsourcing yang selama ini menghantui para pekerja di seluruh Indonesia. Mereka memandang sistem kontrak kerja sangat merugikan dan menempatkan pekerja di posisi bawah.

Dalam aksinya kemarin, para buruh yang tergabung dalam KASBI dan PRP membentangkan spanduk dan poster bertuliskan penolakan terhadap sistem kerja kontrak dan outsourcing. Selain itu, mereka juga melakukan orasi secara bergantian dan meneriakkan yel-yel perjuangan buruh melawan penindasan kaum pemodal.

Kordinator lapangan (korlap) aksi, Abdul Rojak mengatakan, May Day 1 Mei 2008 akan menjadi momentum bersejarah. Pada 1 Mei yang merupakan peringatan Hari Buruh Internasional menandakan perlawanan buruh terhadap kekuasaan pemilik modal.

Oleh karena itu, pada hari itulah gerakan buruh Indonesia yang militan, progresif yang lahir dan dibangun dari ideologi perjuangan kelas buruh, bersatu dalam barisan besar melakukan gugatan atas kegagalan negara kapitalis dalam menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya.

Selanjutnya, para pengunjuk rasa membagikan selebaran yang berisi enam tuntutan, yaitu berikan kepastian kerja, hapuskan sistem kerja kontrak dan outsourcing, tolak upah murah dan berikan upah layak nasional, cabut Undang-Undang nomor 13/2003 dan buat Undang-Undang proburuh, tolak privatisasi dan lakukan nasionalisasi aset negara, serta turunkan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok rakyat dan tinggalkan konfederasi gadungan/palsu dan bangun konfederasi serikat buruh nasional yang baru yang militan dan progresif.

Sehari sebelumnya, Rabu (30/4), sekitar 1.000 buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kab. Purwakarta melakukan aksi demo di dua tempat, yaitu di gedung DPRD dan kantor Setda Pemkab Purwakarta.

Dalam demonya di DPRD, para buruh meminta wakil rakyat untuk turut berjuang bersama buruh menolak sistem kerja kontrak dan outsourcing yang sekarang ini digunakan di berbagai perusahaan di Kab. Purwakarta.

Berkaitan dengan tuntutan para buruh, anggota Komisi IV DPRD Agus Gunawan yang didamping pimpinan dewan, berjanji akan menyampaikan aspirasi dari kalangan buruh di Purwakarta tersebut kepada pemerintah.

Di Kab. Subang

Sementara itu, dari Kab. Subang dilaporkan, rencananya mengirimkan buruh yang menggunakan 10 bus ke Jakarta, namun akhirnya batal dan hanya memasang sekitar 100 spanduk di setiap pabrik atau perusahaan serta lokasi strategis di pusat Kota Subang.

“Kami rencananya mengikutsertakan buruh Subang untuk ikut aksi ke Jakarta, tetapi hingga kemarin belum juga ada kontak sehingga batal,” kata Wakil Ketua DPC SPSI Kab. Subang, Ikhlas Simon didampingi Sekretarisnya, Henri Agustian Nasution, di DPRD Subang, Rabu (30/1).

Dia mengatakan, pihaknya tetap mendukung upaya dari pusat dan wilayah berkaitan dengan penolakan amendemen UU tentang Jamsostek maupun penerapan tenaga kerja kontrak dan outsourcing. (A-86/B-76)***

Sumber: Pikiran Rakyat

4 responses to “Buruh Menolak Sistem Kontrak

  1. salam kenal bung. smoga perjuangan ini menunjukkan hasilnya. The Working Man In The World Unit

  2. salam kenal bung. smoga perjuangan ini menunjukkan hasilnya. The Working Man In The World Unit

    Salam kenal juga. Semoga pencerahan bisa terwujud agar nasib buruh terlepas dari titik nadir.

  3. salam🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s