Ratusan Buruh Unjuk Rasa

Jum’at, 02 Mei 2008
Jawa Barat

SUKABUMI, (PR).-
Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kab. Sukabumi melakukan unjuk rasa di depan gedung DPRD Kab. Sukabumi, Rabu (30/4). Aksi demo memperingati “Hari Buruh Sedunia” (May Day) itu, dimanfaatkan oleh kaum buruh dengan menyampaikan aspirasi maupun keluhannya di sektor ketenagakerjaan.

Dari pemantauan “PR” di lapangan, aparat keamanan sempat kebingungan. Sebab, rencana yang akan berdemo kaum buruh, ternyata yang datang lebih dulu dan melakukan aksi demo yakni masyarakat Desa Citarik, Kec. Palabuhanratu. Mereka mendatangi DPRD untuk mengadukan permasalahan seputar projek pembangunan PLTU.

Setelah aspirasi warga Citarik ditampung, kemudian aksi demo kaum buruh muncul. Ratusan buruh masuk dengan leluasa ke gedung DPRD de-ngan menembus barisan pengamanan Dalmas Polres Sukabumi, setelah diizinkan masuk untuk beraudiensi de-ngan anggota dewan.

Ketua DPC KSPSI Kab. Sukabumi, Ma`mun Nawawi didampingi sekretaris, Moch. Popon, S.H. menyebutkan, beberapa masalah ketenagakerjaan yang sering dikeluhkan kaum buruh, perlu disikapi dewan dan Disnakertrans Kab. Sukabumi dengan tindakan konkret. Berbagai permasalahan tersebut, di antaranya sistem kerja outsourcing, perlindungan tenaga kerja perempuan, dan masih adanya perusahaan yang membayar upah di bawah UMK.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Kab. Sukabumi H. Supandi Hardjasasmita me-ngatakan, berbagai permasa-lahan yang muncul di bidang ketenagakerjaan semuanya berpulang kepada sejauh mana kepatuhan semua pihak dalam menaati UU 13/2003, terutama perusahaan. Namun, menurut dia, undang-undang itu sendiri dinilai sudah kedaluwarsa sehingga perlu ditinjau lagi untuk penyempurnaan.

“Kami telah merekomendasikan peninjauan kembali UU 13/2003 itu, supaya ada kajian lagi untuk penyempurnaan. Terutama, masalah sistem kerja outsourcing, perlu dihapuskan karena tidak ada kepastian kerja bagi kaum buruh,” katanya didampingi Kadisnakertrans, Drs. Acep Barnasah, M.M. (A-67)***

Sumber: Pikiran Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s