Studi Pemetaan PKL – Pedagang Kaki Lima di Kota Bandung

Studi ini awalnya bertujuan untuk melihat dinamika PKL sebagai bagian dari kegiatan ekonomi informal perkotaan dan kaitannya dengan pengorganisasian PKL serta kebijakan (tata ruang) kota, dengan mengambil lokasi Solo dan Bandung.

Pada perkembangannya, studi ini kemudian mengambil fokus pada pemetaan PKL di Kota Bandung karena ketiadaan data dasar awal mengenai PKL di Kota Bandung, sedangkan database tersebut tersedia sangat lengkap di Kota Solo. Tujuan dari kegiatan pemetaan ini adalah untuk mendapatkan gambaran tipologi dan karakteristik PKL Kota Bandung, termasuk di dalamnya pola2 pengorganisasian, strategi bertahan, dan relasi yang dibentuk PKL untuk bertahan.

Pemetaan ini menemukan bahwa kegiatan perdagangan kaki lima yang sering dianggap sebagai kegiatan ekonomi informal, pada kenyataanya tidak terlepas dari kegiatan ekonom formal. Selain itu, pendekatan pemerintah kota yang cenderung bersifat represif (melalui penggusuran dan relokasi) cenderung tidak berhasil membatasi pertumbuhan PKL dan kembalinya PKL ke jalanan. Proses penataan dan relokasi yang relatif berhasil terjadi karena melibatkan PKL di dalam prosesnya (seperti yang terjadi di Kota Solo).

Berbagai tekanan yang dihadapi PKL juga telah mendorong upaya pengorganisasian PKL. Selain itu, PKL juga menjalin hubungan dengan pihak-pihak lain yang dapat melindungi keberadaan PKL di jalan. Kebijakan penanganan PKL juga perlu didasarkan atas pemahaman yang tepat akan berbagai persoalan yang mendorong kemunculan PKL (persoalan struktural), keragaman karakteristik dan tipologi PKL, keterlibatan berbagai aktor dalam perdagangan kaki lima, dan kompleksitas persoalan yang dihadapi PKL.

Sumber: AKATIGA

Laporan lengkap: ekonomi_Informal_perkotaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s